For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Ambisius, Soviet Sempat Ingin Membangun Kapal Induk Terbang

Rusia dikenal dengan sejumlah ide aneh dalam membuat senjata terutama pesawat. Salah satunya adlah ekranoplans, pesawat setengah kapal yang bisa terbang dengan ketinggian rendah di atas permukaan air. Sudah ada pesawat jenis ini yang diproduksi sayangnya tidak ada satupun yang tersisa.

pesawat induk 1

Ada satu lagi proyek yang menarik yang dilakukan yakni rencana Soviet membangun sebuah ekranoplan raksasa yang bisa membawa  pesawat lain. Bisa dikatakan sebagai kapal induk yang bisa terbang.

pesawat induk 2

Kapal ini bisa terbang dengan ketinggian rendah dan dilengkapi dengan dek untuk pendaratan pesawat.

pesawat induk 3

Tidak seperti kapal induk modern yang lambat dan sangat besar ekranoplan Aircraft Carrier Soviet bisa sangat cepat dan mobile.  Dia bisa membawa selusin atau lebih jet ke tempat manapun di dunia dengan sangat cepat.

pesawat induk 4

Tidak diketahui kenapa ide ini kemudian tidak dilanjutkan. Mungkin dianggap terlalu berbahaya seperti pesawat jet penumpang TU-144 atau mungkin terlalu mahal untuk melanjutkan penelitian.

pesawat induk 5

Tetapi bagaimanapun ide ini cukup mengagumkan dan unik

pesawat induk 6

pesawat induk 7

pesawat induk 8

pesawat induk 9

pesawat induk 10

pesawat induk 11

pesawat induk 12

pesawat induk 13

Sumber: englishrussia.com

Facebook Comments