For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Berapa Ratus Ribu Orang Tewas Jika Kota-Kota Besar Amerika Dihantam Nuklir

ilustrasi/wikipedia

Presiden Rusia Vladimir Putin saat pidato kenegaraan di depan Parlemen pada 1 Maret 2018 menampilkan animasi yang menggambarkan serangan nuklir mereka dengan titik serang ke Amerika Serikat. Putin menegaskan tidak ada yang mampu mengintersep senjata nuklir baru mereka. Pertanyaannya, bagaimana jika kota-kota besar di Amerika diserang dengan senjata nuklir?

Senjata nuklir mungkin nerupakan ciptaan manusia yang paling mengerikan, tetapi kebanyakan orang akan kesulitan membayangkan bagaimana jika senjata pembunuh massal itu dijatuhkan ke kota mereka.

Untuk membantu masyarakat memprediksi ancaman nuklir, Alex Wellerstein, sejarawan sains di Stevens Institute of Technology, menciptakan apa yang dikenal sebagai Nukemap yakni simulator interaktif yang memungkinkan Anda melihat peta akibat ledakan nuklir di peta dunia.

Update terbaru bahkan memungkinkan Anda memprediksi di mana awan radioaktif kemungkinan akan melayang berdasarkan cuaca saat ini.

“Pemahaman realistis tentang apa yang bisa dan tidak dapat dilakukan oleh senjata nuklir diperlukan untuk diskusi yang melibatkan mereka,” kata Wellerstein kepada Insider Bisnis. “Orang cenderung memiliki pandangan senjata yang terlalu dibesar-besarkan, atau sangat kurang menghargai kekuatan mereka.”

Saat ini Amerika menjadi negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia, tetapi juga menjadi negara yang paling takut dengan ancaman nuklir. Hal ini karena Korea Utara terus mengancam akan mengirimkan senjata tersebut ke daratan Amerika.

Negara tersebut pada 3 September 2017 menguji senjata nuklir terbesarnya yang meningkatkan kecemasan dunia terutama Amerika. Ditambah lagi Pyongyang mengklaim mampu membuat miniature hulu ledak nuklir yang bisa ditempatkan di rudal balistik mereka. Kecemasan semakin menjadi-jadi ketika setidaknya dua kali Korea Utara sukses menguji rudal antarbenua mereka.

Wellerstein baru-baru ini menambahkan ledakan bawah 3 September di negara itu – ke daftar pilihan preset di Nukemap. Perangkat itu diperkirakan bom termonuklir karena menghasilkan ledakan TNT seberat 150 kiloton yang berarti sekitar 10 kali lebih kuat dari ledakan bom Hiroshima tahun 1945, yang mengakibatkan sekitar 150.000 meninggal dunia.

Meskipun rudal berujung nuklir Korea Utara tidak bisa atau setidaknya belum bisa menjangkau sebagian besar daratan Amerika dan korban sangat sulit diperkirakan, gambar di bawah menunjukkan apa yang bisa terjadi jika hulu ledak 150 kilogram menghantam kota-kota besar di Amerika.

Business Insider memilih 10 kota di Amerika yang paling padat penduduknya untuk melihat skenario serangan nuklir  dan memberi peringkat berdasarkan perkiraan kehilangan nyawa dalam waktu 24 jam.

Business Insider menggunakan Google Earth Pro ke 3D untuk menggambarkan setiap skenario dari Nukemap.  Warna menunjukkan efek ledakan:

Kuning: Fireball (0,56 mil lebar, 1.03 mil tinggi) – Di daerah yang paling dekat dengan lokasi ledakan bom, nyala api akan membakar sebagian besar bangunan, benda, dan manusia.

Hijau: Radiasi (lebar 1,24 mil) – Menurut Nukemap sebuah radiasi gamma bom nuklir dan radiasi lainnya begitu kuat di zona ini sehingga 50% atau lebih orang mati dalam “beberapa jam sampai beberapa minggu.”

Abu-abu: Ledakan udara (lebar 4,64 mil) – Ini menunjukkan area ledakan dengan tekanan 5 pound per inci persegi, yang cukup kuat untuk menghancurkan sebagian besar bangunan tempat tinggal dan memecah gendang telinga. “Cedera itu universal, korban jiwa tersebar luas,” kata Nukemap.

Orange: Radiasi termal (lebar 6.54 mil) – Daerah ini dibanjiri sinar ultraviolet yang membuat kulit terbakar. “Luka bakar tingkat tiga meluas ke seluruh lapisan kulit dan seringkali tidak menimbulkan rasa sakit karena menghancurkan saraf rasa sakit,” kata Nukemap. “Mereka bisa menyebabkan bekas luka parah atau cacat, dan bisa membutuhkan amputasi.”

Mari lihat kota per kota”

Tampa, Florida: 67.000 tewas, 161.000 terluka

Ledakan yang  digunakan untuk memperkirakan kematian dan luka adalah 150 kiloton airbursts yang meledak sekitar 1 mil di atas permukaan tanah. Senjata nuklir paling banyak menimbulkan kerusakan karena ledakan bom – meledakkan bom ratusan atau ribuan kaki di atas target menyebarkan energi ledakan lebih efisien. Itu membuat bom lebih mematikan daripada diledakkan di tanah, karena tanah dan bangunan bisa menyerap atau menghalangi sebagian energi itu.

Ledakan 150 kiloton di atas Tampa bisa menghancurkan:

– 54 rumah sakit dan fasilitas medis – Dua stasiun pemadam kebakaran – 46 sekolah dan fasilitas pendidikan – 74 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Jika terjadi ledakan permukaan 150 kilo di Tampa, kota terdekat di St. Petersburg mungkin mendapat dampak mematikan.

New Haven, Connecticut: 85.000 tewas, 117.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di New Haven ini bisa menghancurkan: 93 rumah sakit dan fasilitas kesehatan – Tujuh stasiun pemadam kebakaran – 114 sekolah dan fasilitas pendidikan – 160 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Bagian dari Long Island, Queens, dan Brooklyn mungkin tidak lepas dari dampak mematikan dari serangan darat di New Haven.

Kejatuhan terkuat akan menuju pusat (merah), memancarkan sekitar 1.000 rads per jam. Wilayah paling lemah (kuning), memancarkan sekitar 1 rad per jam, akan menyebar paling jauh.

Daerah yang lebih dalam efek lemah mereda dengan waktu 24 jam, meskipun puing-puing radioaktif yang dekat dengan lokasi ledakan dapat tetap berbahaya selama 48 jam.

Seseorang yang berdiri di luar zona 100-rad per jam (oranye) selama empat jam akan mendapatkan 400 rad radiasi – cukup untuk membunuh 50% orang dengan sindroma radiasi akut.

Detroit, Michigan: 102.000 tewas, 220.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di Detroit bisa menghancurkan: 59 rumah sakit dan fasilitas medis – Tujuh stasiun pemadam kebakaran – 62 sekolah dan fasilitas pendidikan – 56 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.Angin malam akan meniup puing-puing 100 mil barat daya pusat kota.

Miami, Florida: 125.000 tewas, 277.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di atas Miami bisa menghancurkan: 50 rumah sakit dan fasilitas kesehatan – Lima stasiun pemadam kebakaran – 116 sekolah dan fasilitas pendidikan – 97 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Dampak radioaktif dari ledakan darat di Miami mungkin akan berlangsung di sepanjang ujung semenanjung Florida.

Honolulu, Hawaii: 151.000 tewas, 165.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di atas Honolulu ini bisa menghancurkan: 34 rumah sakit dan fasilitas medis – Enam stasiun pemadam kebakaran – 147 sekolah dan fasilitas pendidikan – 141 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya

Sebagian besar dampak dari serangan lapangan nuklir di Honolulu akan tertiup ke Samudra Pasifik.

Philadelphia, Pennsylvania: 301.000 tewas, 465.000 terluka

Ledakan 150 kiloton ini di Philadelphia bisa menghancurkan: 113 rumah sakit dan fasilitas medis – 14 stasiun pemadam kebakaran – 181 sekolah dan fasilitas pendidikan – 183 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Kota-kota yang jauh seperti Baltimore bisa disemprot dengan dampak nuklir 1-rad-per-jam dari ledakan di Philadelphia.

San Francisco, California: 305.000 tewas, 361.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di San Francisco ini bisa menghancurkan:- 295 rumah sakit dan fasilitas medis – 10 stasiun pemadam kebakaran – 94 sekolah dan fasilitas pendidikan – 47 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya. Kawasan Timur Teluk di kawasan ini bisa terkena dampak yang sangat parah.

Boston, Massachusetts: 311.000 tewas, 491.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di Boston ini bisa menghancurkan: 79 rumah sakit dan fasilitas medis – 14 stasiun pemadam kebakaran – 190 sekolah dan fasilitas pendidikan – 146 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

Fallout dari ledakan nuklir berbasis di Boston akan menembus jauh ke Massachusetts.

Chicago, Illinois: 351.000 tewas, 492.000 terluka

Ledakan 150 kiloton di atas Chicago bisa menghancurkan: 98 rumah sakit dan fasilitas medis – 15 stasiun pemadam kebakaran – 263 sekolah dan fasilitas pendidikan – 117 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya

Dampak radioaktif dari ledakan di lapangan di Chicago mungkin menyebar melintasi pantai barat Danau Michigan. Milwaukee bahkan bisa berada dalam jangkauan.

New York, New York: 959.000 meninggal, 1,5 juta terluka

Ledakan 150 kiloton di atas Manhattan ini bisa menghancurkan: 226 rumah sakit dan fasilitas medis – 20 stasiun pemadam kebakaran – 432 sekolah dan fasilitas pendidikan – 389 gereja, sinagog, masjid, dan tempat ibadah lainnya.

New Jersey tengah, dan mungkin kota-kota yang jauh seperti Philadelphia, bisa terkena dampak yang berbahaya.

Facebook Comments