For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pesawat China Mendekat, Korea Selatan Kirim 10 Jet Tempur

Pesawat militer China terbang di wilayah zona identifikasi pertahanan udara Korea Selatan atau South Korea’s air defense identification zone (KADIZ) selama lebih dari empat jam Selasa 27 Februari 2018 tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu.

Otoritas pertahanan negara tersebut mengatakan Yonhap pesawat tersebut mendekati wilayah Korea Selatan yang  mendorong Angkatan Udara untuk menerbangkan jet tempur untuk mencegatnya. Lebih dari 10 pesawat, termasuk F-15k dan KF-16, dikirim dalam misi tersebut

“Jet China memasuki KADIZ sekitar pukul 09:34 dan mendekati sekitar 30 mil laut, atau 55,5 kilometer, barat laut Pulau Ulleung di Laut Timur sebelum terbang keluar dari zona tersebut sekitar pukul 02.01 malam,” kata Kepala Staf Gabungan atau Joint Chiefs of Staff (JCS).

Rute penerbangan ini digambarkan sebagai hal yang “tidak biasa,” mengingat pengiriman pesawat tempur China sebelumnya selalu ke bagian selatan KADIZ di semenanjung tersebut.

F-15K Korea Selatan

“Militer kami memperingatkannya untuk menghentikan tindakan meningkatkan ketegangan yang dapat memicu konflik melalui hotline Korea Selatan-China (militer) dan komunikasi radio dengan pilot,” katanya.

Seorang pejabat JCS mengatakan kepada wartawan bahwa jet tersebut diyakini sebagai pesawat pengintai dan menambahkan bahwa pemerintah berencana mengajukan protes keras dengan China atas tindakan tersebut melalui berbagai jalur, termasuk militer dan kementerian luar negeri.

Belum pernah terjadi sebelumnya pesawat militer China terbang begitu dekat dengan wilayah udara timur Korea Selatan tanpa izin dari Seoul, yang menurut Beijing merupakan bagian dari latihan rutin.

JCS mengatakan bahwa hal tersebut tampaknya ditujukan untuk menguji tanggapan militer Korea Selatan. Sebuah pesawat militer China memasuki KADIZ akhir bulan lalu menyusul dua kasus serupa pada 2017.

Air  defense identification zone (ADIZ) adalah wilayah udara atas tanah atau perairan yang dinyatakan oleh sebuah negara untuk identifikasi awal dan lokasi sebuah pesawat asing yang mendekati wilayahnya.  Wilayah ini tidak masuk dalam wilayah hukumnya.

KADIZ dekat Pulau Ieo, sebelah selatan semenanjung, tumpang tindih dengan zona pertahanan udara yang dibentuk oleh China dan Jepang yang menjadi sumber ketegangan teritorial potensial di antara kekuatan regional.

Facebook Comments

error: Content is protected !!