For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-16 Amerika Terbakar Setelah Lepas Landas dari Pangkalan Misawa Jepang

Sebuah jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat yang ditempatkan Pangkalan Udara Misawa Jepang terbakar sesaat setelah lepas landas pada Selasa 20 Februari 2018 pagi.

Mengutip laporan dari militer Amerika Serikat,  Menteri Pertahanan Jepang Itsunori Onodera sebagaimana dilaporkan Xinhua mengatakan bahwa kebakaran di mesin pesawat terjadi begitu jet F-16 lepas landas sekitar pukul 08:39 waktu setempat dari Pangkalan Udara Misawa di Prefektur Aomori.

Kebakaran memaksa pilot untuk membuang dua tangki bahan bakar eksternal ke Danau Ogawara yang ada di sebelah utara pangkalan udara. Jet tempur kembali ke pangkalan pukul 8:42 pagi.

Pembuangan tangki bahan bakar adalah salah satu prosedur standar untuk menanggapi kebakaran mesin untuk memastikan tangki, yang sarat dengan bahan bakar, tidak meledak.

Pelepasan tank juga sangat meringankan bobot pesawat sehingga bisa lebih bermanuver di bawah tekanan.

Belum ada laporan tentang luka atau kerusakan di tanah atau di danau tempat tank-tank tersebut dilepas.

Onodera mengatakan akan mencari penjelasan dari pihak Amerika tentang kejadian terakhir ini terjadi dan menuntut agar tindakan diambil untuk mencegah terulangnya kecelakaan tersebut.

Facebook Comments