For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tupulev, 95 Tahun Jadi Sumber Keangkeran Udara Rusia

Biro desain Tupolev, salah satu produsen pesawat paling terkenal di dunia.  Puluhan jenis pesawat militer dan sipil telah dikembangkan oleh para insinyur perusahaan yang didirikan 22 Oktober 95 tahun lalu.

Namun Tupulev harus diakui lebih identik dengan pembom Soviet. Perusahaan ini nyaris tidak terdengar kiprahnya dalam kelas pesawat tempur. Berbagai jenis bomber telah diproduksi dan menjadi kekuatan penting Soviet dan Rusia hingga saat ini.

Sekitar tiga tahun setelah biro didirikan pada 1922, desainer pesawat Soviet Andrei Tupolev menciptakan bomber bermesin ganda, TB-1, yang dianggap salah satu desain paling modern saat waktu.

Pesawat melakukan penerbangan uji pertama pada 26 November 1925. Sejak saat itu Tupulev telah menjadi bagian penting dalam pembangunan sejarah bomber Soviet. Berbagai bomber telah dilahirkan. Terakhir bomber-bomber Rusia menggempur Suriah yakni Tu-95, Tu-22M dan Tu-160.

Bomber TB-1
Bomber TB-1

Tupolev TB-1 (ANT-4) menjadi tulang punggung kekuatan pembom Soviet selama bertahun-tahun, dan merupakan yang pesawat besar pertama buatan Uni Soviet yang semuanya terbuat dari logam

tu tb 3

TB-3 adalah pesawat pembom berat yang digunakan oleh Angkatan Udara Soviet pada 1930-an dan ikut selama Perang Dunia II

tu tb 4

Tupolev Tu-4, pembom empat mesin yang masuk layanan Angkatan Udara Soviet dari tahun 1940-an sampai pertengahan 1960-an. Pesawat ini merupakan salinan reverse-engineered Boeing B-29 Amerika.

tu-4a

Tu-4A adalah pesawat Soviet pertama yang digunakan untuk misi menjatuhkan senjata nuklir.

tu-16

Tupolev Tu-16, jet pembom strategis bermesin ganda yang digunakan oleh Uni Soviet selama lebih dari 50 tahun. Terlihat dalam foto pembom Tu-16 selama pengisian bahan bakar udara.

NEXT
Facebook Comments