For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Viktor Leonov, Kapal Rusia Yang Rajin Mengintip Pangkalan Kapal Selam AS

SSV-175 Viktor Leonov

Kapal intelijen Rusia SSV-175 Viktor Leonov dikabarkan berlayar di dekat pantai Amerika dan hanya 30 mil dari sebuah pangkalan kapal selam terbesar milik US Navy. Kapal apa ini sebenarnya?

Viktor Leonov adalah kapal Kelas Vishnya yang  juga dikenal sebagai kelas Meridian yang merupakan  kelompok kapal pengumpulan intelijen yang dibangun untuk Angkatan Laut Soviet pada 1980-an. Kapal-kapal terus dalam pelayanan dengan Angkatan Laut Rusia.  Sebanyak tujuh kapal yang oleh Soviet dinamai  Project 864 dibangun dan masih beroperasi bersama Angkatan Laut Rusia.

Enam kapal lain yakni SSV-520 Fedor Golovin, SSV-169 Tavriya, SSV-208 Kurily, SSV-535 Kareliya, SSV-201 Priazovye,  dan SSV-231 Vasiliy Nikititch Tatischev. Salah satu kapal yakni Vasily Nikititch Tatishchev juga dikerahkan ke Mediterania Timur pada tanggal 5 Oktober 2015 untuk memantau konflik di Suriah.

Kapal besar ini dirancang  untuk mengumpulkan sinyal intelijen melalui array sensor yang luas.  Data dapat ditransmisikan  melalui antena link satelit  di dua buah radar. Kapal-kapal juga dipersenjatai dengan dua sistem senjata jarak dekat  AK-630 dan sistem rudal anti pesawat SA-N-8.

Sebelum terpantau beredar di  30 mil lepas pantai Connecticut,  Leonov juga melakukan patroli serupa pada tahun 2014 dan 2015 di lepas pantai Delaware  tetapi biasanya hanya perjalanan sampai Virginia.

Kapal ini menjadi baian dari  armada utara Rusia di Laut Utara tetapi telah singgah di Kuba sebelum melakukan patroli di sepanjang Pantai Atlantik.

Viktor Leonov di Havana Kuba tahun 2015

Kapal ini dilengkapi dengan berbagai peralatan mata-mata berteknologi tinggi dan dirancang untuk mencegat sinyal intelijen.

Dengan awak sekitar 150 sampai 200 personil militer, kapal Viktor Leonov memiliki panjang 310 kaki. Setelah diluncurkan pada tahun 1988  kapal ini berpatroli di Laut Hitam sebelum dipindahkan ke armada utara Rusia, yang berbasis di Laut Barents di Arktik.

Viktor Leonov sendiri diambil dari seorang pelaut dan pahlawan perang Rusia yang berperan besar dalam  kemenangan melawan pasukan Jerman dan Jepang selama Perang Dunia II.

Dua tahun yang lalu kapal ini juga itu terlihat  di dekat sebuah pangkalan kapal selam di Kings Bay, Georgia, di mana Angkatan Laut AS menempatkan kapal selam dipersenjatai dengan senjata rudal nuklir Trident.

Pada bulan Januari 2015 Viktor Leonov berlabuh di Havana Kuba saat AS mengadakan pembicaraan bersejarah untuk mengakhiri pembekuan hubungan diplomatik. Pada saat itu pejabat AS mengatakan kehadiran kapal itu sah dan tidak ada yang luar biasa.

 

 

Facebook Comments