For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Tak Setenar Kirov, Tapi Penjelajah Kelas Slava Tak Kalah Berbahaya

Penjelajah Kelas Slava Rusia

Penjelajah nuklir kelas Kirov sering menarik sebagian besar perhatian saat orang melihat kekuatan kapal permukaan Angkatan Laut Rusia. Wajar karena ini adalah aset yang sangat kuat serta mengemas senjata ampuh, seperti rudal permukaan ke permukaan SS-N-19 dan rudal permukaan ke udara SA-N-6 Grumble.

Tapi Rusia sebenarnya juga memiliki kapal penjelajah lain yang juga sangat tangguh dan mampu berkeliaran di laut dalam waktu lama. Dia adalah kapal penjelajah kelas Slava yang mulai beroperasi pada tahun 1980an. Mereka bukan kapal sembarangan meski tidak seterkenal Kelas Kirov.

Saat ini, Rusia memang lebih fokus pada kapal-kapal kecil dengan pukulan besar. Berbeda dengan masa masa kejayaan Uni Soviet yang bekerja keras untuk bisa mencapai status angkatan laut biru.

Kapal Induk Kelas Kuznetsov  milik Soviet serta rencana untuk membangun kapal-kapal induk lain seperti Ulyanovsk akan membutuhkan pendamping yang mampu memberikan pertahanan udara di wilayah dan untuk membunuh kapal musuh. Kebutuhan ini yang kemudian melahirkan Kelas Slava.

Penjelajah kelas Slava milik Rusia

Naval Institute Guide to Combat Fleets of the World edisi ke-16 mencatat bahwa penjelajah kelas Slava membawa 16 rudal permukaan ke darat SS-N-12  dan 64 rudal darat ke udara SA-N-6 Grumble. Kapal tersebut juga membawa sepasang peluncur rudal SA-N-4 untuk pertahanan udara, senapan kembar 130mm, enam senapan Gat-AK-630 30mm, dua buah tabung torpedo 21 inci, dan helikopter Hel-Ka-27 Helix.

Rusia saat ini memiliki tiga kapal kelas ini di gudangnya. Sebuah kapal keempat belum selesai ketika program itu dibatalkan seiring bubarnya Uni Soviet. Rusia mencoba untuk menyelesaikan kapal tersebut.

Sementara dua lainnya direncanakan dan dijadwalkan untuk dilengkapi dengan rudal permukaan ke permukaan yang lebih baik, namun dibatalkan setelah jatuhnya Uni Soviet.

Angkatan Laut Rusia akan memiliki kapal-kapal ini sekitar setidaknya satu dekade lagi, dan pada saat itu mereka berharap memiliki perusak kelas Lider yang siap memasuki layanan. Sampai saat itu, kapal penjelajah kelas Slava memberi Angkatan Laut Rusia pukulan yang besar dan kuat.

Pelajari lebih lanjut tentang kapal-kapal ini dalam video di bawah ini:

Facebook Comments