5 Pesawat Angkatan Laut Amerika Yang Layak Dibangunkan Dari Tidurnya

EA-6B

Angkatan Laut punya beberapa pesawat yang mampu melakukan beberapa hal menakjubkan. Tetapi ada beberapa kemampuan yang dimiliki pesawat yang sudah pensiun tetapi tidak ada pada pesawat baru. Dalam situasi dunia yang sekarang ini, kelima pesawat tersebut sebenarnya sangat layak untuk dibangunkan dari tidurnya dan diterbangkan lagi.

Ada lima pesawat yang memiliki kemampuan khas dan sangat dibutuhkan oleh Angkatan Laut Amerika. Kapal-kapal ini bisa melengkapi sayap tempur kapal induk yang sekarang ini mayoritas diisi F/A-18 dan  EA-18G Growler.

Dan inilah lima pesawat tersebut.

Lockheed S-3 Viking/ES-3 Shadow

S-3 Viking lebih dari sekadar pemburu kapal selam yang saat ini menjadi sangat penting di tengah bangkitnya Rusia dan terus meningkatnya kekuatan China. Pesawat ini juga bisa melakukan misi pengisian bahan bakar udara, intelijen elektronik, dan pengiriman onboard kapal. Pesawat itu memiliki jangkauan hampir 3.200 mil dan bisa membawa torpedo anti-kapal selam, rudal anti-kapal, bom, dan roket.

Dengan Rusia dan China yang menggunakan kapal selam serangan canggih, ini adalah pesawat yang akan sangat berguna pada kapal pengangkut kapal.

Douglas EKA-3B Skywarrior

Skywarrior, yang sering disebut Whale atau Paus karena ukurannya yang besar, adalah pesawat tanker yang sangat mumpuni dan juga berfungsi sebagai jammer kebuntuan. Pesawat ini masih akan sangat berguna bagi Angkatan Laut dan Korps Marinir dalam peran keduanya.

A-3 memiliki rentang terbang sekitar 2.100 mil. Sebagai tanker dan jammer, pesawat akan membantu melindungi kapal induk.

Douglas A-1 Skyraider

Amerika sedang mencari pesawat dukungan jarak dekat di wilayah yang tidak dilindungi dengan sistem pertahanan udara yang canggih atau yang dikenal sebagai misi counter-insurgency (COIN).  Pentagon meluncurkan program OA-X yang diikuti sejumlah pesawat yang sudah ada seperti Scorpion dan Super Tucano. Tetapi ada pesawat yang sudah pensiun dan kemampuannya tidak bisa diimbangi oleh pesawat baru. Pesawat tersebut adalah A-1 Skyraider.

Pesawat ini memiliki kemampuan mengangkut 8.000 pon bom dan mengemas empat meriam 20mm. Dari segi daya tembak, pesaing OA-X tidak bisa menyaingi.

EA-6B

Grumman EA-6B Prowler

Memang sudah ada EA-18G Growler, tapi jumlahnya masih belum mencukupi. Kembalinya EA-6B akan berguna, jika untuk meningkatkan angka tersebut. Marinir bahkan dilengkapi dengan bodi penargetan untuk menunjuk peluru kendali dan bom laser.

Grumman F-14D Tomcat

F-14D sebenarnya adalah pesawat tempur hebat yang setara dengan F-15E pada tahun 1990an berkat penambahan Navigasi Ketinggian Rendah dan Penargetan Inframerah untuk Malam, atau LANTIRN.

Dengan Rusia dan China semakin menjadi ancaman, jarak tempuh Tomcat yang mencapai 1.840 mil, senjata yang tangguh, dan kinerja tinggi  dengan kecepatan tertinggi 1.544 mil per jam akan sangat berguna, bahkan untuk hari ini.

Facebook Comments