For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Su-30 Vs F-15 Pertarungan Dua Simbol Superioritas Udara

Seperti dilaporkan sebelumnya Angkatan Udara Amerika Serikat merilis video yang menunjukkan dua jet tempur F-15 mereka mencegat dua Su-30 Angkatan Laut Rusia di atas Baltik. Dua jet tempur tersebut menjadi simbol dari kekuatan superioritas udara di kedua negara.

Bagaimana jika keduanya tidak hanya saling mencegat dan mengawasi, tetapi benar-benar terlibat dalam sebuah pertempuran udara. Apa yang akan terjadi?

Dengan berat 37 ton Su-30 setara dengan F-15 Amerika dan merupakan versi perbaikan dari Su-27. Su-30 dapat membawa lebih dari delapan ton bom dan mencapai target lebih dari 1.500 kilometer jauhnya. Su-27 mulai beroperasi pada tahun 1980-an.

Pada tahun 2004 di , Latihan Cope India terjadi simulasi pertempuran antara Su-30 Angkatan Udara India melawan F-15C Angkatan Udara AS dengan hasil yang masih diperdebatkan. Kala itu Su-30 berhasilĀ  membuat Eagle tidak berdaya. Ada pendapat Amerika sengaja melakukan itu untuk dijadikan dasar meminta tambahan F-22 Raptor lebih banyak lagi. Tetapi ada juga yang mengatakan alasan itu hanya untuk menutupi malu setelah India mencapai kemenangan dengan rasio membunuh 9: 1.

Tetapi lepas mana yang benar fakta di atas kertas, Sukhoi Su-27 Flanker (induk dari Su-30) telah menjadi salah satu yang terbaik pesawat tempur Rusia. Su-27 milik kelas yang sama dari F-14 dan F-15, tetapi tidak seperti jet tempur Amerika pesawat ini bisa terbang pada sudut serangan 30 derajat dan juga dapat melakukan “Pugachev Cobra”.

Dalam Cobra, pesawat tiba-tiba meletakkan hidung ke posisi veritical sebelum menjatuhkannya kembali ke penerbangan normal, menjaga kurang lebih ketinggian sama dalam seluruh manuver. Su-27 dan “Cobra” telah menjadi sorotan utama dalam soal pesawat mulai akhir 1980 hingga pertengahan 1990-an. Tapi, sejak saat itu, manuver Flanker telah makin ditingkatkan.

Jet tempur multirole Su-30MK adalah varian Flanker dilengkapi baik dengan sayap depan canard dan nozel thrust-vectoring yang telah meningkatkan kelincahannya. Pertanyaannya bagaimana manuver seperti ini digunakan dalam pertempuran?

Next: Next: Kacaukan Radar

Facebook Comments