For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Pesawat-Pesawat Terbesar Yang Menguasai Langit

Pesawat jumbo menjadi kunci penting dalam pengiriman logistik. Sejumlah negara terutama Amerika dan Soviet sejak lama juga berlomba-lomba untuk membangun pesawat-pesawat dengan ukuran yang luar biasa besar.

Sebagian digunakan untuk kepentingan militer, sebagian untuk kargo dan sebagian lagi untuk penerbangan sipil. Dan berikut beberapa pesawat terbesar yang pernah dibuat dan masih terbang sampai saat ini.

Aviano F-16s deploy to Turkey

Lockheed C5 Galaxy

Mengunakan 4 mesin General Electric TF39-GE-1C turbofan. Pesawat ini digunakan untuk militer, untuk membawa peralatan dan kendaraan. Hanya dimiliki Amerika. Nama lain sebagai pesawat Galaxy. Bukan pesawat baru, pertama terbang tahun 1968. Ada 2 model dengan C5A dan terbaru C5B, terakhir versi upgrade C5M. Total sekitar 131 pesawat yang dibuat. Sebanyak 5 pesawat jatuh selama layanan.

terbesar Ilyushin II-67

Ilyushin II-67

Dibangun era Soviet sebagai pesawat serba guna. Menggunakan 4 mesin Aviadvigatel PS-90-76 turbofan. Dimodifikasi menjadi tangki terbang, pesawat bom air, dan pelatihan astronot. Pesawat Ilyushin II-67 ada diposisi paling depan. Dibelakangnya adalah pesawat pembom strategis. Nato menyebut Bear Bomber TU 95 dan masih aktif sampai sekarang. Pertama terbang tahun 1971. Hanya 3 negara Rusia, Ukrania dan India serta pesawat pengangkut TransAVIexport. Cukup banyak dibuat sekitar 960 pesawat.

terbesar Boeing 747-100

Boeing 747-100

Dimodifikasi menjadi pembawa Shuttle Carrier Aircraft. Ada 2 pesawat dimiliki oleh Nasa. Mengunakan 4 mesin P&W JT9D-7J Turbofan. Pesawat ini mungkin sudah tidak digunakan untuk pembawa pesawat ulang aling Amerika. Setelah semua program antariksa pesawat space shuttle dihentikan.

Prince Alwaleed bin Talal's Airbus A380 Private Jet

Airbus A380

Diproduksi oleh Airbus S.A.S. adalah sebuah pesawat berbadan lebar dua tingkat, dengan empat mesin yang mampu memuat 850 penumpang dalam konfigurasi satu kelas atau 555 penumpang dalam konfigurasi tiga kelas. Pesawat ini melaksanakan penerbangan perdana pada 27 April 2005 dan telah memulai penerbangan komersial pada akhir tahun 2007 setelah ditunda beberapa kali. Pesawat ini juga merupakan pesawat komersial (pesawat penumpang) terbesar yang pernah dibuat (dijuluki Superjumbo).

Saat pesawat pertama dibuat dan terbang mengangkasa ukuran pesawat terus dibuat semakin besar. Pada tahun 1950an Boeing memproduksi 707 yang besar. kemudian pada tahun 1970, Boeing memproduksi dan meluncurkan Boeing 747 yang berukuran lebih besar lagi. Tahun 2006, pesawat raksasa A380 baru mengangkasa.

NEXT
Facebook Comments