For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

5 Kekuatan Adidaya Terbesar dalam Sejarah

Sejarah dunia telah berganti-ganti dari satu penguasa ke penguasa lain. Sejumlah kekaisaran besar dengan kekuasaan luas silih berganti menjadi penguasa di bumi ini. Dan inilah lima kekuatan adidaya paling kuat yang pernah berkuasa di dunia

empir

1. Romawi Empire

Kekaisaran Romawi mencapai puncak kekuasaan di abad kedua. Meskipun kekuatannya tidak sejauh India dan China. Tetapi kekuasan Romawi mencakup hampir semua pusat-pusat penduduk utama dan peradaban kuno, termasuk Yunani, Mesir, Levant, Carthage, Anatolia dan Italia.

Populasi Kekaisaran Romawi pada puncaknya mencapai sekitar 60 juta, jauh melebihi semua tetangga dan sebagian besar penduduk dunia.

Ukuran kekaisaran sebesar ini membuat tidak perlu perdagangan kecuali untuk memperoleh sumber barang mewah (sutra, lapis, rempah-rempah, dupa dan sebagainya).

Kekaisaran juga memiliki dominasi militer atas tetangganya, dengan pengecualian Persia, yang kekuasaannya sama dengan Roma.

Legiun Roma pada dasarnya tak terkalahkan dalam pertempuran sengit dengan musuh-musuhnya. Roma akhirnya jatuh bukan karena ancaman eksternal, namun karena perang saudara terus menerus, penghancuran ekonomi dan ketergantungan yang berlebihan pada tentara bayaran.

NEXT

Facebook Comments