For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Objek Misterius Terbang di Atas Oregon, dan Tak Ada yang Tahu Itu Apa

Sebuah laporan muncul pada akhir Oktober 2015 lalu sebuah objek udara misterius terbang di atas langit Oregon Amerika Serikat. Sampai saat ini tidak ada satupun yang bisa menjelaskan pesawat apa itu.

Pesawat misterius itu menghilang sebelum ada yang tahu apa itu dan menolak semua upaya identifikasi sejak itu.  The War Zone melaporkan bahwa pada tanggal 25 Oktober sore, pengendali lalu lintas udara mulai menanyakan kepada pilot penerbangan komersial yang terbang antara Portland dan Seattle, apakah mereka dapat membantu mengidentifikasi benda misterius.

Objek tersebut tidak memiliki traffic collision avoidance system (TCAS) dan transponder dimatikan. Pesawat juga tidak merespons komunikasi radio, dan yang paling menggelitik, tidak dapat terdeteksi oleh radar.

Sejumlah pilot melaporkan bahwa mereka melihat pesawat tersebut, namun tidak ada yang cukup dekat untuk mengidentifikasinya. Akhirnya, Garda Nasional Amerika mengirimkan F-15 dari Bandara Internasional Portland untuk menyelidiki, namun tidak melihat apapun.

The War Zone juga mengutip dua pengguna Reddit yang mengetahui kejadian tersebut dan yang tampaknya menguatkan pernyataan pengontrol lalu lintas udara.

Pesawat itu berada di dekat Crater Lake (Danau Kawah), Oregon saat pengendali lalu lintas udara mulai meminta ke pilot terdekat untuk membantu mengidentifikasi objek tersebut. Pesawat itu digambarkan sebagai benda putih yang terbang ke utara antara 35.000 dan 40.000 kaki.

F-15 sempat dikirim untuk melacak pesawat misterius tersebut

Pada satu titik di klip audio pengatur lalu lintas udara, satu pilot mengatakan burung misterius itu berjarak 12 sampai 15 mil jauhnya, dan jarak dari pesawat lain berkisar antara empat sampai 20 mil. Pilot lain, mengamati pesawat terbang, memperkirakan kecepatan terbangnya sekitar 370 knot, atau 425 mil per jam. Pilot juga mencatat bahwa pesawat itu tidak mendapatkan sinyal transponder TCAS.

Lalu apa ini? Salah satu pengguna Reddit yang dikutip oleh artikel tersebut mengatakan bahwa kemungkinan itu adalah pesawat yang membawa narkoba ke Kanada. Meskipun hal itu bisa saja terjadi, tetapi pesawat ini tidak mencoba bersembunyi seperti halnya pesawat penyelundup.

Pesawat misterius terbang menggunakan jalur yang mencolok, berjalan pada siang hari bolong, dan melewati beberapa pesawat penumpang. Tampaknya penyelundup yang masuk akal mungkin akan terbang cukup rendah untuk menghindari identifikasi yang mungkin dilakukan oleh pilot lain. Lebih penting lagi, perbatasan Amerika-Kanada berjarak 1.538 mil di darat. Akan jauh lebih mudah untuk melintasi perbatasan dengan truk pengangkut empat roda daripada pesawat terbang.

Kemungkinan lain adalah pesawat pemerintah yang dirahasiakan, mungkin beberapa desain baru yang sangat rahasia. Teori ini juga memiliki masalah. Ketika Anda ingin merahasiakan sebuah pesawat terbang, lalu terbang pada petang hari di salah satu koridor udara terpadat di benua Amerika Serikat juga tidak masuk akal.

Satu teori lagi, Boeing sebagian berbasis di Washington State dan sedang mengerjakan sebuah entri dalam kompetisi drone MQ-25 Stingray Angkatan Laut yang baru. Pesawat tak berawak itu mungkin mencakup setidaknya beberapa karakteristik desain tersembunyi yang akan menyulitkan radar kontrol lalu lintas udara sipil untuk melacak, dan rancangan yang tidak ortodoks dapat mempersulit pilot lain untuk mengidentifikasi secara visual.

Operator pesawat tak berawak mungkin tidak dapat mendengar permintaan pengendali lalu lintas udara dari pesawatnya. Tapi ada banyak tempat untuk menguji pesawat tak berawak baru, terutama di atas gurun Nevada daripada menerbangkan pesawat tak dikenal ke zona penerbangan padat berpotensi berbahaya.

Atau mungkin memang tidak ada apa-apa di sana. Lalu kenapa semua pilot yang ada di dekat tersebut melaporkan pesawat itu benar-benar ada?  Meski radar tidak melihat apa-apa.

Apakah halusinasi pilot? Apa iya pilot ramai-ramai mengalami halusinasi dalam waktu bersamaan Seorang pilot, United Flight 612, ditanya oleh pengendali lalu lintas udara dengan jelas mengatakan jika dia melihat pesawat misterius pada posisi pukul 3,  “Ya, kami berhasil menemukannya, dia kira-kira empat mil jauhnya.”

Hal ini terlihat dari nada suaranya dia mengamati benda itu, yang kemudian dia gambarkan sebagai “titik putih” “sekitar empat atau lima ribu kaki di atas kita,”

Tidak ada penjelasan tunggal yang sesuai dengan kejadian ini. The War Zone telah mengajukan permintaan Freedom of Information Act untuk informasi lebih lanjut. Apapun yang terjadi di Pantai Barat pada tanggal 25 Oktober tetap menjadi misteri.

Facebook Comments