Kapal Selam Kelas Borei-A Pertama Rusia Meluncur

Kapal Selam Kelas Borei-A Prince Vladimir

Angkatan Laut Rusia di ambang mendapatkan kekuatan nuklir baru setelah kapal selam nuklir Prince Vladimir, melayang keluar di Shipyard Sevmash Rusia Jumat 17 November 2017. Prince Vladimir adalah kapal selam keempat dari Kelas Borei serta kapal pertama dari Project 955A atau Kelas Borei-A.

Upacara pelepasan tersebut dihadiri oleh Panglima Angkatan Laut Rusia Vladimir Korolyov dan Kepala Biro Desain Rubin Central (pengembang Proyek Borei) Igor Vilnit serta CEO Sevmash Mikhail Budnichenko.

“Perkembangan dan pembangunan Project Borei-A dan pengembangan kapal selam Borei-B dengan konsep¬† kapal selam bertenaga nuklir generasi kelima didorong oleh doktrin dan bertujuan Angkatan Laut Rusia untuk memenuhi tugas mempertahankan kekuatan kapal selam strategis di Pasifik dan Armada Utara pada tingkat tinggi, ” kata kepala Angkatan Laut Rusia sebagaimana dilaporkan Kantor Berita TASS.

Kapal selam Prince Vladimir mulai dibangun pada tahun 2012 dan menjadi kapal selam keempat dari rencana delapan kapal selam Borei dan menjadi kapal selam pertama dari kelas Borei-A yang ditingkatkan dari pendahulunya Kelas Borei.

Wakil Komandan Angkatan Laut Viktor Bursuk sebelumnya mengatakan bahwa kapal selam Prince Vladimir diperkirakan akan dikirim ke Angkatan Laut pada tahun 2018.

Tiga kapal selam kelas Borei telah dikirim ke Angkatan Laut dan Rusia telah memulai pembangunan dua kapal selam, Prince Oleg dan Generalissimus Suvorov, pada tahun 2014, Emperor Alexander III pada tahun 2015 dan Prince Pozharsky pada tahun 2016.

Dibandingkan dengan tiga kapal Project 995 Kelas Borei, Prince Vladimir memiliki karakter siluman yang lebih baik, elektronik yang lebih baik dan ruang untuk para kru yang lebih nyaman.  Seperti pendahulunya, SSBN baru ini akan dipersenjatai dengan 16 rudal D-30 Bulava.

Facebook Comments

error: Content is protected !!