Terowongan Uji Nuklir Korea Utara Runtuh, 200 Orang Diperkirakan Tewas

Foto satelit situs uji nuklir Korea Utara Punggye-ri yang diambil pada Oktober 2017

Sebuah terowongan yang digunakan sebagai lokasi uji coba nuklir Punggye-ri, Korea Utara runtuh. Dikabarkan sedikitnya 200 orang tewas dalam kejadian ini.

Sumber Korea Utara mengatakan kepada TV Asahi Jepang 100 orang pekerja terjebak saat terowongan tersebut ambruk pertama kali. Sementara 100 orang lainnya mengalami nasib yang sama saat terowongan itu runtuh untuk kali kedua.

Terowongan dari tempat uji tersebut telah rusak sebelumnya, dan para pekerja kemungkinan sedang membersihkan atau memperbaiki terowongan untuk melanjutkan uji coba nuklir baru.

Insiden yang menimpa lokasi uji coba nuklir bawah tanah Korea Utara ini, menurut kantor berita Korea Selatan Yonhap, terjadi pada 10 Oktober lalu tetapi baru terungkap sekarang ini. Hal tersebut karena karakter Korea Utara yang terkenal tertutup.

Tragedi ini memicu kekhawatiran adanya kebocoran yang bisa memicu radiasi nuklir yang berasal dari sisa-sisa pengujian yang merembes keluar, yang mungkin dapat menyebabkan insiden internasional.

Jenny Town, asisten direktur Institut Amerika -Korea dan seorang editor pelaksana di 38 North, mengatakan kepada Business Insider sebelumnya jika puing-puing dari ujian tersebut sampai ke China, Beijing akan melihat bahwa sebagai serangan terhadap negaranya.

Baca juga:

Ancaman Besar, Gunung Situs Uji Nuklir Korea Utara Terancam Runtuh

Facebook Comments

Translate »