For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Sebenarnya Apa Saja Rudal Milik Rusia? Mari Lihat Gudang Senjatanya

Topol-M

Untuk melihat rudal darat apa saja yang ada di arsenal Rusia kadang membingungkan, terutama setelah Rusia dalam beberapa tahun terakhir meningkatkan inisiatif pengembangan senjata strategis.

Apa saja sebenarnya rudal darat Rusia? Berapa jangkauannya? Beratnya? Dan sebagainya benar-benar akan sangat membingungkan.

Untungnya Center For Strategic and International Studies (CSIS) Missile Threat Program telah memosting sebuah grafis menarik yang memberi gambaran kepada kita tentang jenis rudal Rusia dan jangkauannya.

Grafis ini membuat sistem rudal taktis pendek jarak hingga jarak jauh. Peta grafis di kiri atas menunjukkan seberapa jauh rudal taktis Rusia yang berbasis di Kaliningrad, terutama yang sangat modern yakni Iskander yang dapat menjangkau Eropa.  Peta yang menjadi latar belakang menggambarkan kisaran rudal strategis, tetapi untuk seluruh dunia.

Yang menarik adalah dimasukkannya rudal darat nuklir SSC-8  yang dilaporkan telah operasional. Jika benar maka hal itu berarti Rusia telah melanggar perjanjian pengawasan senjata yang disepakati antara Rusia dan Amerika.

CSIS memperkirakan kisaran rudal jelajah ini memiliki jangkauan 1.242 mil yang memungkinkan untuk mencapai ke  Alaska, seluruh Teluk Persia, sebagian  Prancis dan sebagian Inggris.

Di bagian lain CSIS juga merilis daftar rudal darat milik Rusia baik yang diluncurkan dari kapal, baterai mobile dan kapal selam. Berikut daftarnya:

 

Facebook Comments