For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Akhiri Misteri 72 Tahun, Miliarder Temukan  USS Indianapolis di Laut Filipina

USS Indianapolis

Sebuah kapal penjelajah legendaris milik Angkatan Laut Amerika yang ditenggelamkan  oleh kapal selam Jepang pada  30 Juli 1945 ditemukan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh co-founder Microsoft Paul Allen dan sejarawan dari Naval History and Heritage Command pada  Sabtu 19 Agustus 2017. Penemuan ini  mengakhiri misteri 72 tahun.

USS Indianapolis baru saja menyelesaikan misi klandestin untuk menjatuhkan komponen tertentu agar bom atom dijatuhkan di Hiroshima. Tak lama kemudian, sebuah kapal selam Jepang menembaki kapal dengan rudal  dan menenggelamkan  kapal hanya dalam belasan menit.

Sekitar  1.196 pelaut dan Marinir tewas dalam kejadian ini dengan sebagian karena serangan hiu setelah kapal tersebut tenggelam. Dari 317 orang yang selamat dari reruntuhan Indianapolis, 17 masih hidup di tahun 2017.

“Penemuan kapal ini untuk  menghormati orang-orang pemberani dari USS Indianapolis dan keluarga mereka. Kapal ini  memainkan peran penting selama Perang Dunia II,” kata Allen dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu.

“Saya berharap selama bertahun-tahun mereka akan menemukannya,” kata Arthur Leenerman, 93, salah seorang kru kapal yang selamat mengatakan kepada US Naval Institute News.

“Yang kehilangan  keluarga di laut akan merasa sangat sedih tapi saya pikir menemukan kapal tersebut juga akan memberi mereka kelegaan. Saya senang pencarian itu berhasil. Akan menarik untuk melihat dari mana ditemukan dan seberapa dalam tempat peristirahatan itu. ”

Lokasi yang tepat akan tetap menjadi rahasia karena kapal tersebut masih merupakan milik Angkatan Laut Amerika Serikat.

Baca juga:

USS Indianapolis Hancur Dihantam Torpedo Jepang, Awak Bertarung dengan Hiu

Facebook Comments