11 Fakta Penting Tentang Klub Nuklir

 

2. Lima Negara Jadi Rumah Nuklir Asing

Belgia, Jerman, Belanda, Italia, dan Turki menjadi tuan rumah nuklir Amerika di bawah perjanjian NATO. Sebanyak 30 negara-negara lain menggunakan teknologi nuklir untuk menghasilkan energi sesuai ketentuan NPT.

3. Afrika Selatan Satu-satunya Negara yang Membongkar Arsenal Nuklirnya

Casing bom nuklir milik Afrika Selatan

Dari tahun 1960-an hingga tahun 1980-an, apartheid Afrika Selatan mengejar kemampuan senjata nuklir. Mereka mampu merakit enam senjata dengan (diduga) bantuan dari Israel.

Mata-mata Soviet menemukan kemampuan mereka, dimana Afrika Selatan ditolak untuk memiliki kemampuan itu. Ketika pemerintah apartheid jatuh dan Kongres Nasional Afrika (dipimpin Nelson Mandela) mengambil kekuasaan dan Afrika Selatan dibongkar persediaannya nuklirnya. Ini merupakan satu-satunya negara yang pernah menghancurkan seluruh program senjata pemusnah masalnya.

4. 59 Negara LainĀ  MampuĀ  Bangun Senjata Nuklir

Terlepas dari mereka yang sudah di Club Nuklir, Afrika Selatan, Argentina, Meksiko, Kanada, Australia, Vietnam, Jepang, Uzbekistan, Austria, Belarus, Belgia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, Italia, Belanda, Polandia, Swiss, Norwegia, Swedia, dan Ukraina semua memiliki teknologi dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat senjata nuklir. Irak, Libya, Suriah, Brasil, Korea Selatan, dan Taiwan telah memiliki program senjata di masa lalu tapi kemudian menghentikan usaha mereka.

NEXT
Facebook Comments