For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Terungkap, Rahasia Kecepatan Program Rudal Korea Utara

Faktor Kim Jong Un

Elemen kunci baru kemungkinan besar adalah pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sendiri, yang mempercepat laju pembangunan nuklir dan rudal negara itu segera setelah mengambil alih kekuasaan. “Mereka serius mencoba menciptakan sebuah kemampuan yang bisa mengancam Amerika Serikat,” kata Elleman.

David S. Cohen, mantan wakil direktur CIA yang telah menasihati pemerintahan Obama mengenai kemajuan senjata di Korea Utara mengatakan warisan Soviet yang masih ada sebagian menjelaskan mengapa teknologi Korea Utara cenderung berpuluh-puluh tahun di belakang Amerika Serikat dan kekuatan militer modern lainnya

“Rudal yang mereka tembakkan saat ini memiliki beberapa teknik baru, tapi semuanya didasarkan pada model lama Soviet,” kata Cohen.

Karena tidak dapat membeli teknologi maju di pasar terbuka, Korea Utara juga tetap bergantung pada penyelundup dan pedagang gelap untuk mendapatkan beberapa komponen yang dibutuhkannya, terutama barang elektronik, kata Cohen.

Namun dia mengingatkan agar tidak meremehkan kepemimpinan Korea Utara yang berulang kali menunjukkan kecerdikan dalam bekerja dengan desain dan sistem lama serta tekad untuk sukses dalam menghadapi isolasi dan tekananinternasional

“Ini adalah kesalahan untuk berpikir bahwa mereka [Korea Utara] benar-benar kerajaan pertapa yang terputus dan tidak memiliki akses ke Internet,” kata Cohen. “Mereka memiliki banyak kelemahan, namun bagian terbesar dari ekonomi pemerintah adalah program nuklir dan misil mereka, jadi orang-orang terpandai yang mereka miliki diarahkan untuk melakukan pekerjaan ini.

“Ketakutan saya,” tambahnya, “adalah orang meremehkan mereka.”

 

Facebook Comments