For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Dua Bomber Amerika Terbang di Kawasan Konflik Laut China Selatan

B-1B

Amerika Serikat mengirimkan dua pembom untuk terbang di atas kawasan sengketa Laut China Selatan, untuk menegaskan sikap Washington yang menilai perairan itu sebagai wilayah internasional, demikian keterangan Angkatan Udara Amerika Serikat pada Jumat.

Langkah itu diperkirakan akan memunculkan reaksi keras dari Beijing, yang mengklaim memiliki hampir seluruh perairan yang juga merupakan jalur perdagangan penting dunia –sehingga tindakan Amerika Serikat adalah pelanggaran terhadap kedaulatan wilayah.

Sebelum terbang ke kawasan Laut China Selatan pada Kamis 6 Juli 2017, dua pesawat B-1B itu menggelar latihan bersama dengan skuadron Jepang di Laut China Timur. Ini adalah untuk pertama kalinya kedua negara melakukan latihan bersama pada malam hari.

Tindakan militer Amerika Serikat itu dilakukan di tengah meningginya ketegangan di kawasan, terutama setelah Korea Utara mengaku berhasil mengembangkan rudal kendali berdaya jelajah antar benua yang bisa menyasar target di daratan Amerika Serikat.

Terkait ancaman Korea Utara itu, Amerika Serikat sudah mendesak China, yang selama ini menjadi pendukung dan sekutu dagang Pyongyang, untuk lebih tegas menekan Korea Utara agar menghentikan program pengembangan persenjataan nuklir dan rudal.

Baca juga:

Digertak China, Bomber B-1B Cuek Saja

Facebook Comments