21300C Dolphin, Dewa Penyelamat Rusia

Igor Belousov

Militer India dan Vietnam dikabarkan tertarik untuk memiliki kapal penyelamat 21300C Delfin (Dolphin)  yang dibangun Rusia.  Apa kelebihan dari kapal ini?

21300C yang dibangun di Biro Desain Almaz Central Marine di St. Petersburg, yang sejauh ini telah memberikan  satu kapal untuk Angkatan Laut Rusia dan diberi nama  Igor Belousov  untuk menghormati insinyur kapal terkenal era Soviet.

Igor Belousov memiliki bobot perpindahan air  5.000 metrik ton, dengan panjang 100 meter dan lebar 17 meter. Kecepatan kapal bisa mencapai 15 knot (28 km / jam), dapat melakukan perjalanan hingga 3.500 mil laut tanpa pengisian bahan bakar, dan membawa 100 awak.

Tujuan utama kapal ini adalah untuk misi pencarian dan penyelamatan, dan untuk misi tersebut kapal membawa peralatan canggih untuk menemukan kapal dan kapal selam yang sedang dalam kesulitan, serta peralatan hidrografi untuk mempelajari ciri fisik dari lautan dan daerah pesisir.

Kepala Konstruktor dari 21300C Dolphin, Alexander Forst, mengatakan Sputnik bahwa ini menjadi tahun pengalaman galangan kapal Almaz untuk menghasilkan kapal pencari.

“Pada tahun 1960 armada pencarian dan penyelamatan Soviet diakui sebagai yang terbaik di dunia. Memang benar bahwa tradisi ini menjadi sedikit hilang, tapi tradisi dan pengalaman penyelamatan laut kaya terakumulasi selama puluhan tahun diwujudkan dalam kapal ini,” kata Forst .

Kapal menjadi dewa penyelamat bagi mereka yang mengalami masalah di tengah lautan. Kapal dapat melaksanakan berbagai operasi penyelamatan, dan dilengkapi dengan radar, sonar dan teknologi udara, memungkinkan untuk menemukan korban kecelakaan hilang, instrumen navigasi dan komunikasi.

Peralatan canggih di dalam kapal

“Di sini kemampuan Dolphin ini mirip dengan analog dari Italia, Jepang, Korea, Swedia dan China. Namun, ia juga memiliki beberapa karakteristik yang unik. Pertama, peralatan deep-air yang memberikan peningkatan kelaikan selama operasi.

Kedua, Dolphin memiliki fitur stasiun dekompresi stasioner, yang menyediakan penyelaman yang aman bagi para penyelam dan dekompresi efektif untuk awak kapal selam yang diselamatkan. ”

“Fitur yang membedakan ketiga adalah sistem tenaga tunggal. Dua pembangkit listrik (terdiri dari enam generator diesel) yang terletak di kompartemen yang berbeda, tetapi mereka bekerja sebagai salah satu pembangkit listrik, secara otomatis memberikan keandalan lengkap,” jelas Forst.

Dua kapal penyelamat cepat Katran juga dibawa 21300C, dengan mesin yang cukup kuat untuk menarik rakit dari kapal darurat.  Katran dilengkapi dengan perangkat khusus untuk menarik pelaut  keluar dari air, bahkan jika mereka telah kehilangan kesadaran.

Bester-1 deep submergence vehicle

21300C ini juga dilengkapi dengan peralatan penyelamatan deep water mandiri Bester  yang mampu menyelam hingga kedalaman 720 meter dan docking dengan kapal selam yang tenggelam  bahkan pada sudut 45 derajat. Unit ini mampu membawa hingga 22 orang.

Alat ini dirancang oleh biro desain Lazurit di Nizhniy Novgorod  Dolphin hanya melepaskan ke dalam air dan mengangkat kembali ke atas. Perangkat, melakukan pencarian kapal selam yang kandas, melakukan docking  dan benar-benar menarik sendiri ke kompartemen penyelamatan. Awak Bester kemudian membantu awak kapal selam naik ke dalamnya. ”

“Kemudian, perangkat mengapung ke permukaan. Kebetulan, Dolphin juga memiliki semua peralatan yang diperlukan untuk memberikan perawatan medis, termasuk operasi,” kata Forst.

Lowering a diving bell at the Igor Belousov

Sebuah helipad, peralatan pemadam kebakaran,  kendaraan diving remote-control, pakaian khusus untuk penyelam dan penyelamat dan bel diving terbaru semua disediakan di 21300C.

Igor Belousov sebagai bagian dari Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia telah mengambil bagian dalam latihan angkatan laut yang menunjukkan superioritasnya dalam misi pencarian dan penyelamatan.

“Hasil latihan mengkonfirmasi karakteristik desain kapal sesuai dengan persyaratan untuk kapal,” kata Forst.

Facebook Comments