For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bagaimana Cara Kerja Pencegat Amerika Mengadang Rudal Antar-Benua?

Minuteman III

Seperti dilaporkan sebelimnya Badan Pertahanan Rudal Amerika Serikat telah sukses melakukan uji pencegatan rudal kelas intercontinental atau rudal antar benua dengan Ground-based Midcourse Defense (GMD).

Pengujian dilakukan di tengah kekhawatiran atas ancaman rudal Korea Utara yang terus berkembang dengan cepat.

Ground-based Midcourse Defense senilai $ 40 miliar memiliki catatan yang tidak stabil. Dari 18 tes yang dilakukan sejak 1999, hanya 10 yang dinyatakan sukses. Uji pencegatan rudal balistik antarbenua atau intercontinental ballistic missile (ICBM) yang dilakukan Selasa adalah yang pertama dilakukan.

Los Angeles Times melaporkan bahwa masalah pendorong terungkap dari hasil uji terbang pada bulan Januari 2016. Sebuah pencegat diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California dalam sebuah tes yang dirancang untuk menunjukkan salah satu dari empat pendorongnya mati membuatĀ  interceptor itu keluar jalur.

Sistem ini berevolusi dari usaha bernilai miliaran dolar yang dimulai pada era Presiden Ronald Reagan pada tahun 1983 untuk solusi “Star Wars” terhadap ancaman rudal balistik selama Perang Dingin ketika Uni Soviet adalah satu-satunya kekhawatiran utama.

Pada uji yang dilakukan Selasa, target kelas ICBM diluncurkan dari Situs Uji Reagan di Atol Kwajalein di Kepulauan Marshall. Beberapa sensor menyediakan target akuisisi dan pelacakan data ke sistem Command, Control, Battle Management and Communication (C2BMC).

Radar X-band Sea-based, yang berada di Samudra Pasifik, juga mengakuisisi dan melacak target tersebut. Sistem GMD menerima data pelacakan target dan mengembangkan solusi pengendalian tembakan untuk mencegat target.

Sebuah pencegat berbasis darat diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base, California, untuk mencegat dan menghancurkan sasaran tersebut dalam sebuah tabrakan langsung.

Bagaimana sebenarnya sistem ini bekerja? Dengan mengambil dengan mengacu pada uji pencegatan ICBM pada Selasa? Mari kita lihat gambarannya.

Baca juga:

5 Pengadaan Militer AS Terbesar Pasca 9/11 Ini Gagal Total

 

Facebook Comments