For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

RPG-7, Pembunuh Berbahaya di Balik Desain Sederhana

Jumlah Gila-Gilaan

rpg 5Hampir sembilan juta RPG-7 telah menyebar di seluruh dunia dan setiap benua termasuk Australia. Meskipun Rusia telah memproduksi sangat tinggi, Bulgaria, Cina, Iran, Irak, Rumania dan Pakistan juga tetap membuat sendiri.

Tak heran RPG-7 sering disebut Kalashnikov-nya senjata anti-tank. Mudahnya mengoperasionalkan RPG ini bahkan seorang dari suku Afghanistan atau bajak laut Somalia dapat belajar menembakkan senjata ini hanya dalam 20 menit.

Senjata ini tidak hanya digunakan untuk menghancurkan kendaraan lapis baja, tank dan helikopter. Kendaraan sipil, bangunan tempat tinggal, bunker, dan pesawat menjadi target yang tidak aman dari sengatan RPG ini.

Bertahan dari RPG juga sangat sulit. Kendaraan lapis baja harus menggunakan apa yang disebut “armor slat,” plat baja atau lapisan penambah yang dipasang di daerah vital kendaraan yang berfungsi meledakkan RPG sebelum menyentuh langsung lapisan inti kendaraan.

Kebanyakan helikopter terbuat dari logam ringan seperti aluminium honeycomb. Hal ini tidak praktis untuk armor Chinooks dan Black Hawks. Sebaliknya, pilot belajar untuk menggunakan manuver yang berbeda dan untuk menghindari pola-pola tertentu saat terbang untuk membuatnya lebih sulit bagi operator RPG-7 untuk menembak jatuh mereka.

Tetapi meski telah mengembangkan jurus ini tetap saja mereka tidak bisa lolos sepenuhnya. Sejumlah perkiraan menunjukkan bahwa Amerika Serikat kehilangan hingga 100 pesawat di Afghanistan dan Irak karena RPG ini.

Dengan tingkat keberhasilan seperti itu, RPG-7 benar-benar telah menjadi pembunuh yang murah tapi efektif untuk senjata teknologi tinggi seperti helikopter dan tank. Wajar jika penyebarannya juga gila-gilaan.

Facebook Comments