For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kapal Selam Kelas Astute ke-4 Inggris Muncul dan Inilah Kemampuannya

HMS Audacious

Kapal selam nuklir baru Inggris yang diberi nama HMS Audacious untuk pertama kalinya keluar dari tempat produksinya di di Barrow-in-Furness, Cumbria

Kapal dengan bobot 7.400 ton ini menjadi  kapal selam generasi baru dengan harga sekitar 1 miliar euro atau sekitar Rp14, 5 triliun. Produsen kapal selam BAE Systems mengatakan ini adalah tonggak penting namun tidak reaksioner terhadap ketegangan militer global

Kapal dikeluarkan dari dok kering untuk persiapan masuk ke air. Kapal dengan panjang 318 kaki ini telah 10 tahun dalam pembangunan.

Daily Mail

HMS Audacious menjadi kapal selam  keempat dari sepuluh kapal selam yang dipesan kementerian pertahanan Inggris dengan standar senjata baru.

Kapal selam  dipersenjatai dengan rudal jelajah Tomahawk yang  akan mampu menyerang target hingga jarak 7.45 mil dari pantai dengan tepat.

Daily Mail

Terlepas dari ketegangan global dan tampilan kecakapan militer, juru bicara manufaktur kapal selam BAE Systems mengatakan bahwa latihan besok adalah sebuah prosedur yang direncanakan.

“Butuh waktu hampir sepuluh tahun untuk membangun [kapal selam ini ],” kata seorang juru bicara BAE System sebagaimana dilansir Daily Mail Jumat 27 April 2017.

Daily Mail

Juru bicara tersebut mengatakan setelah kapal masuk air, maka akan dilanjutkan dengan tahapan menyelam pertama. Angkatan Laut Inggris selanjutnya akan melakukan sejumlah pengujian.

“Tonggak besar berikutnya adalah saat dia meninggalkan Barrow yang kami harapkan akan dilakukan dalam waktu sekitar satu tahun.”

Daily Mail

HMS Audacious adalah kapal selam keempat di kelas Astute dari sepuluh kapal perang yang ingin dimiliki Angkatan Laut Inggris.  Sebelumnya HMS Artful selesai dibangun pada bulan Mei 2014. Artful muncul dari Devonshire Dock Hall di Barrow-in-Furness, Cumbria, setelah hampir satu dekade dalam pembuatannya.

Rudal jelajah Tomahawk yang dia bawa diklaim memiliki akurasi hanya beberapa meter di atas kisaran 1.240 mil, memberi Artful kemampuan untuk mendukung kekuatan darat di manapun di dunia.

Desain HMS Artful/Daily Mail

Lebih dari 39.000 lapisan akustik menutupi kapal, yang berarti dia menyelinap melalui laut  bahkan lebih tenang dibandingkan seekor bayi lumba-lumba.

Namun sonarnya  sangat kuat sehingga bisa mendeteksi kapal yang meninggalkan pelabuhan di New York City ketika dia berada di  Selat Inggris yang  berjarak 3.000 mil laut.

Daily Mail
Facebook Comments