For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-16 atau F-35? Polandia Cari Jet Tempur Baru untuk Gantikan Pesawat Soviet

MiG-29 Polandia

Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kekuatan angkatan udaranya, Polandia tengah mempertimbangkan kemungkinan untuk mengganti armada pesawat militer tua era Soviet mereka dengan pesawat tempur buatan AS.

Menurut RIA Novosti Kamis 26 April 2017, militer Polandia berusaha untuk menyingkirkan  Su-22 dan MiG-29 yang saat ini masih diterbangkan  oleh Angkatan Udara Polandia, Mereka  telah mengarahkan mata pada pesawat multirole F-16 dan F-35 untuk menggantikan armada tua tersebut.

Wakil Menteri Pertahanan Polandia Bartosz Kownacki mengatakan bahwa kondisi Angkatan Udara Polandia “memuaskan” dibandingkan dengan matra militer  Polandia lain.

Polandia tengah melirik jet tempur F-16 bekas miliki Italia. Ada  48 pesawat tempur jenis ini di gudang Italia yang bisa dibeli oleh mereka.

“Pesawat Su-22 dan MiG-29 tua harus diganti dengan pesawat generasi berikutnya. Namun  Kementerian Pertahanan masih menentukan apakah akan memilih F-16 atau jenis pesawat lainnya, seperti F-35,” katanya.

Kownacki menambahkan bahwa dari tahun 2030 Polandia bermaksud untuk meningkatkan pengeluaran pertahanannya dari saat ini yang mencapai  2 persen dari PDB  menjadi 2,5 persen.

Sebelumnya pada bulan April, Menteri Pertahanan Polandia Antoni Macierewicz juga mengumumkan bahwa jumlah personil tentara Polandia kemungkinan juga akan meningkat dari 129.000 hingga 200.000 prajurit dalam   tiga sampai lima tahun mendatang.

Baca juga:

Melawan F-16 Saja Kalah, Bagaimana Jika F-35 Ketemu T-50?

Facebook Comments