For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kau Bilang Akurasi?  Inilah Serangan Udara AS Paling Membunuh Warga Sipil

Baghdad 13 Februari 1991

Serangan udara terhadap penampungan pengungsi Amiriyah selama Perang Teluk oleh pesawat siluman AS mengakibatkan tewasnya  antara 200 dan 300 warga sipil, menurut laporan Human Rights Watch tahun 1991.

Laporan dari sejumlah media kemudian  mengatakan bahwa lebih dari 400 tewas .  Penampungan  itu penuh sesak dengan warga sipil ketika bom bunker busting menembus atap sekitar pukul  05:00.

Menurut laporan itu, Pentagon mengatakan telah mencegat komunikasi militer dari bangunan dan personil militer telah ditempatkan dekat dari posisi itu.

Namun  militer Amerika Serikat sebenarnya juga tahu b ahwa  bangunan itu telah digunakan sebagai tempat penampungan pengungsi selama perang Iran-Irak.

Pengacara di Belgia menuduh mantan presiden George H.W. Bush;  Richard B. Cheney, yang menjadi Menteri Pertahanan saat itu, dan Colin Powell melakukan kejahatan perang karena serangan Amiriyah, tetapi pada tahun 2003 pengadilan tertinggi negara itu menolak tuduhan tersebut.

Dalam waktu yang hampir bersamaan  , pada bulan Februari 1991, pembom Inggris menyerang beberapa jembatan di selatan dan barat Irak, menewaskan lebih dari 100 di setiap serangan, menurut laporan setempat pada saat itu.

 

Facebook Comments