For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

15 Tahun Berhenti Produksi, Ceko Lahirkan Lagi L-159

Perusahaan pesawat Aero Vodochody Ceko meluncurkan upgrade pesawat jet serang ringan Aero L-159 ALCA  pertama setelah hampir 15 tahun jeda  produksi.

Perdana Menteri Republik Bohuslav Sobotka, yang hadir dalam penerbangan demonstrasi pesawat Sabtu 1 April 2017 mengatakan pembicaraan sudah berlangsung untuk memasok L-159 kepada  setidaknya tiga pelanggan potensial, termasuk Irak.

“Pesawat serang ringan  L-159 satu-satunya dari jenisnya yang akan digunakan di beberapa benua dan satu-satunya yang telah diuji dalam berbagai misi. Jadi saatnya untuk kembali menawarkan L-159 dan memberikan pesawat masa depan yang baru ,” kata CEO perusahaan Giuseppe Giordo, seperti dikutip situs berita Lidovky saat  presentasi upgrade L-159 ke publik di dekat Praha.

Aero Vodochody memamerkan pesawat modern di pameran dirgantara LIMA-2017 di Malaysia awal bulan ini. Perusahaan itu mengatakan sedang mencari klien baik  sektor swasta dan  angkatan bersenjata.

Pesawat ini sebelumnya diproduksi antara 1997-2003 dan saat ini dalam pelayanan dengan Ceko dan Irak. Angkatan Udara Hungaria sebelumnya menggunakan pesawat  beberapa tahun. Draken Internasional sebuah perusahaan penerbangan militer swasta Amerika Serikat juga membeli hampir dua lusin pesawat. L-159 juga telah digunakan untuk misi melawan ISIS di Irak.

Pada saat ini memang terdapat kekurangan pesawat serang ringan di pasar  global yang memberikan kesempatan bagi perusahaan Ceko untuk  menjual hingga beberapa ratus pesawat dalam tahun-tahun mendatang.

Facebook Comments