For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

C-5 Galaxy, 5 Dekade Raksasa ini Belum Terkalahkan

Beroperasi secara eksklusif dengan Angkatan Udara AS selama hampir lima dekade, C-5 Galaxy masih menjadi pesawat kargo militer yang terbesar di dunia. Ketika produsen Lockheed membangunnya  pada tahun 1969, pesawat ini menjadi  juga pesawat terbesar di dunia.

Memiliki panjang  250 kaki  (76m), rentang sayap 223 kaki di (68m), dan tinggi 65ft tinggi (20 m), rakasa ini dapat dengan mudah menelan dua tank M1 Abrams, enam helikopter Apache atau sepuluh kendaraan lapis baja ringan di perutnya, dan kemudian membawa mereka terbang dengan jarak 5.000 mil (8.000 km).

Sebuah fitur khusus  C-5 Galaxy  adalah kemampuannya untuk menurunkan mendarat di landasan  tanah dan bongkar muat kargo  melalui hidung yang mengangkat ke atas dan akses pintu  belakang.

Fitur lain adalah empat gigi pendaratan utama, masing-masing terdiri dari enam roda, dua di depan dan empat di belakang.

Dengan total 131 C-5  disampaikan dalam berbagai versi sampai tahun 1989, sekitar 50 pesawat masih beroperasi hingga saat ini dan akan  terus terbang sampai 2040.

Sebagai catatan, meskipun Boeing gagal memenangkan tender Angkatan Udara AS, pesawat yang diajukan dalam kompetisi kemudian sukses menjadi raksasa Boeing 747.

Facebook Comments