For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Amerika Kalah Telak dalam Kompetisi Kapal Icebreaker

US Coast Guard Cutter Healy, Amerika

Amerika Serikat dinilai telah  kehilangan kompetisi untuk membangun dan mengoperasikan kapal pemecah es atau icebreaker yang sangat penting untuk operasi di  Arktik. Mantan Komandan Tertinggi NATO  Adm James Stavridis mengatakan dalam konferensi di Stimson Center di Army-Navy Club, Amerika harus segera membangun kapal ini.

“Demi Tuhan, mari kita membangun beberapa icebreaker,” kata Stavridis, Jumat 13 Januari 2017. “Berapa banyak yang kita miliki? Dua setengah.”

Stavridis memperingatkan Kongres AS harus mengambil tindakan secepat mungkin untuk memperbaiki kurangnya icebreaker Arctic dan menyetujui pendanaan untuk kapal baru.  “Kita harus mendapatkan itu ini  [soal] keamanan nasional,” katanya.

Stavridis mencatat, Rusia saat ini mengoperasikan  28 kapal pemecah es, tapi Amerika Serikat hanya memiliki dua setengah. China, yang tidak memiliki wilayah Arktik atau kepentingan langsung, bahkan mengoperasikan  14 kapal jenis ini.

Baca juga:

10 Kapal Pemecah Es Paling Kuat di Dunia

 

 

Facebook Comments