China Lanjutkan Pembangunan Kapal Selam Paling Senyap Mereka

Internet China

China sepertinya memulai kembali pembangunan kapal selam serang diesel listrik  Type 039B kelas Yuan setelah terhenti selama tiga tahun. Kelas Yuan dikenal sebagai kapal selam paling senyap yang bisa dibangun China.

IHS Jane Defense Weekly melaporkan pada 5Januari 2016. Gambar yang diposting di forum online China menunjukkan tiga kapal selam Type 039B  kelas Yuan sedang dalam  berbagai tahap penyelesaian  di Shipyard Wuchang di Wuhan, China tengah. Yang terakhir dari tiga kapal selam, dibangun oleh China di China State Shipbuilding Industrial Corp (CSIC)  diluncurkan pada  12 Desember 2016.

Kapal selam Kelas Yuan dikabarkan menjadi salah satu kapal selam paling tenang yang dimiliki Angkatan Laut China. Type  039A yang menjadi Kelas Yuan asli (juga dikenal sebagai Type 041) membuat penampilan publik pertama pada tahun 2006 sebagai penerus dari serangan kapal selam diesel-listrik Type 039  kelas Song.

Analis telah mengidentifikasi total empat varian Type 039  kelas Yuan, dengan kapal Type 039B sebagai iterasi terbaru dari kelas SSK.

Ada sangat sedikit data terbuka tentang  Type 039B. Dengan panjang 77 meter (254 kaki) dan lebar 8,4 meter, mereka diduga memiliki berat  sekitar 2.700 ton saat muncul di permukaan air dan 3.600 ton ketika terendam serta membawa 38 awak.

Kapal Type  039B memiliki lambung yang dimodifikasi dan conning tower yang didesain ulang, serta sonar samping.

“Lambung Kelas  Yuan dilapisi dengan anechoic tiles untuk meminimalkan gema kembali ketika ping oleh sonars aktif,” tulis IHS Jane Defense Weekly.

Kapal selam juga diduga menggunakan  mesin diesel-listrik yang dilengkapi dengan sistem air independent propulsion  (AIP).

Kapal selam diesel listrik  kerap disebut memiliki keunggulan dalam hal ketenangan dibandingkan kapal selam nuklir  karena mesin diesel yang secara khusus dirancang untuk meminimalkan getaran dan kebisingan dalam rangka untuk menghindari deteksi sonar.

Misalnya, baik kelas Song atau Yuan  dilengkapi dengan mesin diesel state-of-the-art buatan Jerman – seri 396 SE84 yang  dirancang MTU Friedrichshafen GmbH of Friedrichshafen, Jerman.

Kapal selam Type  039B  juga dikabarkan dilengkapi dengan teknologi Kockums Stirling AIP, yang meningkatkan daya tahan perahu untuk terendam selama beberapa minggu.

Tidak jelas sistem tempur kontrol apa yang dipasang di atas kapal kapal kelas Yuan terbaru. Dilengkapi dengan enam tabung torpedo 533 milimeter, kapal selam dilaporkan dapat meluncurkan rudal jelajah anti kapal YJ-2 (YJ-82)  yang diluncurkan pada kapsul apung, dan kombinasi torpedo Yu-4 (SAET-50) homing pasif dan Yu -3 (SET-65E) homing aktif / pasif.

Ada juga spekulasi bahwa beberapa kapal selam dari kelas ini akan  dilengkapi dengan sistem peluncuran vertikal untuk rudal jelajah anti-kapal  yang lebih baru seperti YJ-18, rudal supesonik anti kapal  paling modern yanag dibangun China. Rudal ini  khusus dirancang untuk mengalahkan system tempur Aegis yang dibangun Amerika SErikat. YJ-18 diduga telah digunakan pada kapal perang permukaan Angkatan Laut China.

Menurut studi Pentagon 2016, Angkatan Laut China  saat ini mengoperasikan 13 sampai 15 armada kapal selam  kelas Yuan dengan total 20 kapal dari kelas ini  direncanakan untuk produksi. Jadwal produksi yang tepat tidak diketahui.

Teknologi  kapal selam Cina umumnya masih dianggap dalam generasi di belakang Barat dan Angkatan Laut China terus mengandalkan teknologi asing  untuk kekuatan SSK yang dibangun secara  lisensi di China.

Baca juga:

Kapal Selam Nuklir China Dirancang dari Mainan Buatan AS

Facebook Comments

Translate »