Kapal Selam Nuklir Tercanggih China Terdeteksi di Karachi

kapal-selam-china-pakistan

Sebuah gambar dari Google Earth telah mengungkapkan kehadiran kapal selam nuklir China yang tengah berlabuh di Pelabuhan Karachi, Pakistan. Kapal selam ini kemungkinan digunakan untuk mengawasi pergerakan kapal perang India.

Gambar  diposting di Twitter oleh seorang ahli citra satelit (@rajfortyseven) yang  itu menunjukkan dua kapal selam Angkatan Laut China docking di Karachi. Kapal selam itu adalah kapal selam nuklir Type 091 Kelas Han dan kapal selam diesel listrik Type 039 Kelas Shang.

Ini  bukan pertama kalinya kapal selam China telah terlihat di kawasan Samudera Hindia. Sebelumnya pada tahun 2014, kapal selam China juga  merapat di Kolombo dan di Karachi pada Mei 2015. India  mengatakan mereka telah  menyadari kehadiran kapal selam nuklir Cina di Samudera Hindia.

Sumber tinggi militer India kepada  NDTV  bahwa kapal selam ini adalah dari kelas yang paling canggih dan terbaru yang dibangun oleh China.

Type 093 Kelas Shang yang merapat di pelabuhan Karachi, kemungkinan digunakan untuk mengawasi pergerakan kapal perang India di tengah persaingan kedua Negara untuk membangun dominasi Samudera Hindia.

Ahli nuklir India mengatakan  Type-093 merupakan kapal selam  yang sangat sulit untuk dideteksi. Tidak seperti kapal selam konvensional, kapal selam bertenaga nuklir memiliki jangkauan tak terbatas dari operasi.

Kapal selam tersebut dipersenjatai dengan torpedo dan rudal jelajah, dapat digunakan di bawah air untuk jangka waktu panjang hingga  sulit untuk dilacak. Kkapal selam nuklir juga lebih cepat daripada kapal selam konvensional. Kapal Kelas Shang  diperkirakan memiliki bobot  7.000 ton.

Sumber-sumber China menyebutkan  kapal selam ini sangat tenang di dalam air dan menjadi pesaing yang setara dengan kapal selam kelas Los Angeles milik Angkatan Laut Amerika.

Facebook Comments