NASA Temukan Objek Misterius Meluncur Cepat ke Arah Bumi

NASA telah menemukan dua benda ruang angkasa baru yang sedang mengarah dengan cepat mendekati sekitar Bumi. Satu objek  diidentifikasi sebagai komet sementara yang satu masih misterius.

Komet C / 2016 U1 NEOWISE ditemukan oleh NASA pada bulan Oktober 2016 dengan menggunakan Near-Earth Object Wide-field Infrared Survey Explorer (NEOWISE), teleskop ruang angkasa yang misinya  untuk menemukan asteroid dan komet di sekitar planet kita.

NASA memperkirakan C / 2016 U1 akan terlihat di langit malam dengan “sepasang teropong” pada awal Januari. “Meskipun kita tidak bisa memastikan karena kecerahan komet ini sangat tidak terduga,” kata ,  Paul Chodas dari NASA’s Near-Earth Object Studies Rabu 4 Januari 2016.

C / 2016 U1 mungkin memiliki orbit yang membutuhkan waktu jutaan tahun untuk menyelesaikan, yang berarti mungkin akan menjadi satu-satunya kesempatan bagi untuk melihatnya selama dia hidup. Pada bulan Desember 2016 C / 2016 U1 mencapai titik paling dekat ke Bumi, yakni sekitar  66-juta mil yang masuk kategori sangat dekat dengan standar astronomi. Sebagai perbandingan Mars terletak antara 140-250000000 mil dari Bumi pada waktu tertentu.

Sementara objek misterius disebut sebagai 2016 WF9, terdeteksi oleh NEOWISE pada bulan November 2016. WF9 melewati orbit Jupiter, Mars, dan Bumi sebelum bergerak kembali ke luar tata surya. WF9 memiliki  diameter 0,3-0,6 mil, menjadikannya salah satu objek terbesar datang dalam jarak mencolok dari Bumi dalam memori modern.

Para astronom bingung apakah WF9 adalah asteroid atau komet. Objek di dekat Bumi tidak mencerminkan banyak cahaya (seperti halnya komet) tetapi juga tidak memiliki debu dan ekor gas.

Meskipun 2016 WF9 bergerak menuju Bumi, para ilmuwan NASA mengatakan itu tidak akan datang lebih dekat dari sekitar 32 juta mil sehingga bukan ancaman bagi Bumi di masa mendatang. Jadi tenang sja…

 

Facebook Comments