Salah Pencet Tombol, P-3CK Korea Selatan Jatuhkan Tiga Rudal Harpoon

kores

Sebuah pesawat anti kapal selam dan pengintai maritime P-3CK  Orion angkatan laut Korea Selatan tanpa sengaja menjatuhkan rudal anti-kapal dan senjata lainnya ke laut pada hari Minggu 1 Januari 2017. Untungnya tidak ada korban jiwa dari insiden tersebut.

Angkatan Laut Korea dalam pernyataannya menyebutkan senjata yanag jatuh adalah  tiga rudal Harpoon, torpedo dan bom kedalaman. Inisden terjadi saat misi rutin di Laut Timur.

“Salah satu awak pesawat itu keliru menyentuh tombol pelepasan senjata darurat   sekitar pukul 06:10,” kata seorang sumber resmi sebagaimana dikutip Kantor Berita Yonhap. Senjata-senjata jatuh ke perairan 30 mil sebelah timur dari Yangyang di timur laut negara itu.

“Ada satu kapal nelayan di daerah tetapi  tidak ada kerusakan,” katanya.

Angkatan Laut mengatakan bahwa senjata-senjata itu tidak membawa hulu ledak  ketika jatuh  sehingga ada tidak terlalu berbahaya. Dikatakan kapal penyapu ranjau dan kapal penyelamatan telah dikirim ke daerah itu untuk mengambil senjata.

Pihak berwenang mengatakan bahwa karena tidak ada cacat mekanis yang disebabkan pelepasan senjata ini dan P-3CKs akan melakukan patroli rutin, meskipun pemeriksaan  akan dilakukan  untuk memastikan bahwa kecelakaan seperti itu tidak terjadi lagi di masa depan.

Facebook Comments