Liaoning Siap Tempur,  Bagaimana Dibandingkan dengan Kapal Induk Lain di Dunia?

Kapal Induk Liaoning

Hampir  dua dekade setelah membeli lambung kapal dari Ukraina pada tahun 1998, kapal induk  China, Liaoning, akhirnya dinyatakan  siap tempur.

Kapal induk China, menjadi bagian modernisasi Angkatan Laut negara tersebut yang berlangsng cepat menempatkan  Beijing ke  klub elit dengan kekuatan angkatan laut terbesar di dunia.

 Liaoning dibangun dari kapal yang dibangun era Soviet. Gaya kapal induk Soviet  memiliki tujuan yang berbeda dibandingkan kapal induk Amerika Serikat. Kapal induk model ini sebenarnya lebih cocok untuk  untuk pertahanan pesisir.

Chinese Liaoning Aircraft Carrier

Selama empat tahun terakhir, Angkatan Laut China  terus berlatih keras menjalankan operasi dengan kapal induk, sesuatu yang benar-benar baru buat mereka.

1b-J-15

Sistem peluncuran pesawat di kapal induk  Liaoning menggunakan model sky jump yang berbeda dengan kapal induk Amerika dengan sistem ketapel.

Sputnik
Sputnik

Hal ini  berarti bahwa pesawat terbang J-15 Shark yang lepas landas dari Liaoning tidak dapat membawa banyak bahan bakar atau bom seperti pesawat yang diterbangkan dari dek kapal induk Amerika. Ini sangat membatasi jangkauan dan efektivitas mereka dalam pertempuran.

liaoning-senjata

Meski memilikli  kelemahan dalam kekuatan sayap tempur, Liaoning memiliki senjata  berat sendiri. Sementara kapal induk Amerika tidak dilengkapi dengan senjata berat seperti rudal dan mengandalkan kapal lain yang berada dalam kelompok tempur kapal induk.

kapal-induk-china-baru

China  telah mengumumkan bangunan setidaknya satu kapal induk sendiri. Tetapi kapal induk kedua ini juga masih menggunakan peluncuran sky jump seperti Liaoning.

Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov
Kapal induk Rusia Admiral Kuznetsov

Liaoning memiliki ukuran dan kecepatan yang sama dengan Admiral  Kuznetsov, satu-satunya kapal induk milik Rusia. Keduanya memang dibangun dalam kelas yang sama.

liaoning-kuznetsov

Kuznetsov, saat melakukan penyebaran tempur pertama di Mediterania. Harus diakui, kapal induk ini memiliki sejumlah masalah hingga kemana-mana harus diikuti kapal tug untuk menarik jika kapal induk mengalami masalah di tengah jalan.

Kapal Indiuk Vikramaditya India
Kapal Indiuk Vikramaditya India

Tetangga China di sisi selatan,  India  mengoperasikan dua kapal induk yang lebih kecil dengan kapal selam ketiga dalam produksi, tetapi mereka lebih handal. Pada tahun 2014, Liaoning mengalami gangguan listrik tak terduga saat di laut.

Kelas Hyuga
Kelas Hyuga

Tetangga sisi timur China, Jepang, memiliki “perusak helikopter,” yang memiliki ukuran lebih kecil yang hanya bisa digunakan untuk operasi helikopter serta membawa persenjataan berat dan rudal.

Kelas Izumo
Kelas Izumo

Jepang juga memiliki kapal operator  helikopter, kelas Izumo yang kemungkinan bisa dimodifikasi untuk membawa jet tempur F-35B.

USS Abraham Lincoln
USS Abraham Lincoln

Amerika Serikat harus diakui sebagai raja  kapal induk di di dunia. USS Abraham Lincoln, salah satu dari 10 kapal induk kelas Nimitz Angkatan Laut AS, lebih besar dan membawa lebih banyak pesawat dibanding Liaoning atau kapal induk lain. Sistem peluncuran ketapel menjadikan pesawat dengan beban berat bisa diluncurkan.

USS Reagan NAVY
USS Reagan/US NAVY

Tetapi kapal induk Amerika tidak membawa  banyak senjata seperti kapal induk China atau Rusia. Mereka  melakukan perjalanan dalam kelompok tempur  , termasuk kapal destroyer berpeluru kendali untuk melindunginya.

liaoning-ford

Amerika juga  sedang mengembangkan kapal induk lebih besar yang dikenal sebagai Kelas Ford yang akan didukung dengan senjata masa depan seperti  railguns dan laser.

E-2C Hawkeye
E-2C Hawkeye

Kapal induk Amerika juga memiliki seluruh jenis pesawat, dari pesawat tempur, logistic, AWACS yang menjadikan mereka benar-benar kekuatan udara yang sangat lengkap.

kapal-induk-grafis-1 kapal-induk-grafis-2

Untuk melihat perbandingan lebih jelas grafis di atas menunjukkan ukuran kapal induk dari seluruh dunia. Selain itu jumlah kapal induk Amerika masih lebih banyak dibandingkan dengan gabungan seluruh kapal induk di dunia di luar Amerika.

Facebook Comments