For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

F-4 Phantom: Pesawat Tempur Hebat dengan Reputasi Buruk

HANTU DI TIMUR TENGAH

 

F-4E Iran
F-4E Iran

Phantom kemudian menjamur di seluruh dunia. F-4 digunakan secara luas di Israel dan mencetak 116 kemenangan udara melawan angkatan udara Mesir dan Suriah, mulai tahun 1969 selama Perang Atrisi.

Dalam satu pertempuran hari pertama dari Perang Yom Kippur pada tahun 1973, 28 MiG Mesir menyerang Ofir Air Base. Hanya dua Phantom yang bisa terbang tetapi mereka menjatuhkan tujuh pesawat penyerang.

Phantom Israel menjadi target utama selama oerang ini. Sistem rudal udara menjadi penyumbang terbesar atas jatuhnya 36 Phantom Israel.

Phantom Israel sangat menakutkan ketika intervensi Israel dalam Perang di Lebanon tahun 1982. Phantom yang dikawal oleh F-15 dan F-16 menyapu bersih 30 sistem rudal udara Suriah di Lembah Bekaa dalam satu hari tanpa kehilangan satu pesawat dalam Operasi Mole Cricket 19.

Iran menerima 225 F-4 dari Amerika Serikat sebelum Revolusi Iran. Pesawat ini menjadi tulang punggung kekuatan tempur Iran selama perang sembilan tahun dengan Irak. Phantom dilaporkan unggul dibandingkan MiG Irak, dan melakukan beberapa serangan ke lapangan udara Irak. Jumlah sebenarnya pesawat yang jatuh dan dijatuhkan masih dalam perdebatan.

NEXT: PHANTOM ABAD KE-21
Facebook Comments