Kelas Lider Rusia akan Dilengkapi Sistem Pembuta Lawan

Desain perusak kelas Lider Rusia/Sputnik

Rusia akan membekali kapal baru proyek 23.560 Kelas Lider bertenaga nuklir dengan Grach, sebuah sistem optical interference canggih yang berfungsi untuk visual musuh.

Surat kabar Izvestia sebagaimana dikutip Sputnik melaporkan Selasa 13 September 2016, Grach bisa ‘membutakan’ musuh dan perangkat optoelektronik, seperti peralatan penglihatan malam, kacamata teropong dan laser dengan flare cahaya terang.

Surat kabar tersebut menambahkan bahwa sistem ini dikembangkan oleh pabrik Integral yang merupakan bagian dari United Instrument Manufacturing Corporation.

Outlet media menambahkan bahwa kapal perusak bertenaga nuklir kelas Lider perusak akan memberikan energi yang cukup untuk melengkapi kapal dengan sebanyak stasiun Grach yang diperlukan.

Kapal perusak kelas Lider direncanakan untuk memiliki bobot perpindahan 17.500 ton, dengan panjang 200 meter  dan lebar 20 meter. Proyek awal telah disetujui pada tahun 2013 dan pengerjaan teknis diharapkan mulai pada 2017. Kapal perusak universal ini direncanakan untuk menggantikan tiga kelas kapal, termasuk kapal perusak anti-kapal selam proyek 1155.

Facebook Comments