For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Beijing Bangun Dermaga Kapal Perang di Laut China Timur

Angkatan Laut China

China telah membangun dermaga untuk kapal perang di sebuah situs yang sedang dikembangkan sebagai pangkalan militer di dekat Kepulauan Senkaku (di China disebut Diaoyu)  yang disengketakan dengan Jepang.

Kedua negara mengklaim hak atas pulau-pulau dan perairan sekitarnya yang saat ini dikendalikan oleh Jepang.

Dermbaga baru sepanjang 70- 80 meter telah dibangun di salah satu pulau di rantai Nanji sekitar 100 km dari kota pelabuhan Wenzhou dan lebih dekat ke Senkaku, Okinawa dan berbagai pangkalan militer AS.

Beberapa kapal perang sudah terlihat menggunakan fasilitas, yang juga dapat menampung kapal pendarat.

Pulau itu dilaporkan juga memiliki sistem radar canggih dan heliport untuk digunakan pesawat helikopter berbasis kapal induk.

Langkah ini tampaknya ditujukan untuk meningkatkan kesiapan China untuk menghadapi konfrontasi dengan Jepang dan Amerika Serikat yang bisa saja pecah di masa depan. Tokyo dan Washington telah menunjukkan kekhawatirannya atas pertumbuhan kekuatan laut Beijing.

China telah mengintensifkan zona identifikasi pertahanan udara itu atas laut tersebut pada tahun 2013 tetapi tidak diakui oleh Jepang atau Amerika Serikat.

 

 

 

Facebook Comments