For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Angkatan Laut China Manuver di Laut Jepang

Angkatan Laut China

Angkatan Laut China menambah suasana semakin panas dengan menggelar latihan di di Laut Jepang.  Media “People’s Liberation Army” menggambarkan pelatihan tersebut sebagai kegiatan rutin, yang dilakukan sesuai dengan hukum dan praktik internasional.

Media itu melaporkan Jumat 19 Agustus 2016, Angkatan Laut China meningkatkan kegiatan pelatihan di perairan jauh dari negaranya untuk mengasah kemampuan operasional.

Pada 2015, lima kapal China menggelar pelatihan di perairan internasional di Laut Bering hang terletak jauh di Alaska. People’s Liberation Army tidak menyebutkan pasti tempat pelatihan tersebut dan hanya menyebut bagian tertentu Laut Jepang.

Komandan latihan Xu Haihua mengatakan latihan tersebut merupakan bagian dari latihan rutin tahunan dan dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan armada bertempur jauh di tengah lautan.

Harian itu mengatakan beberapa kapal yang terlibat dalam perjalanan pulang dari latihan Rim Pasifik atau RIMPAC di Hawaii.

“Pelatihan jauh di laut perairan internasional biasa dilakukan oleh angkatan laut dunia dan pada tahun ini, angkatan laut kami beberapa kali menggalang armada untuk menggelar pelatihan jauh di Pasifik barat,” kata harian itu.

“Pelatihan laut itu adalah bagian dari pelatihan tahunan, tidak ditujukan ke negara tertentu, dan sesuai dengan hukum dan praktik internasional,” katanya.

Laut Jepang adalah perairan strategis, yang berbatasan dengan Jepang, Rusia, Korea Selatan dan Korea Utara. Latihan ini tentu saja akan semakin membuat hubungan dengan Jepang semakin panas.

Facebook Comments