For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

7 Alasan Mengapa Beijing Takkan Melepas Laut China Selatan Tanpa Perlawanan

Telegraph

Pengadilan internasional yang berbasis Den Haag telah memutuskan klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan tidak memiliki dasar hukum. Keputusan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan yang terus berkelanjutan di wilayah  tersebut, terutama antara Vietnam dan Filipina di satu sisi dan China di sisi lain.

Tetapi bahkan dengan telah ada keputusan tersebut, China tidak mungkin menyerah klaim wilayah tersebut. Juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan Beijing “tidak menerima atau mengakui” putusan.

Sederhananya, Laut China Selatan terlalu berharga bagi China untuk menyerahkan kontrol tanpa perlawanan.

Menurut penulis dan analis kepala untuk geopolitik Stratfor, Robert D. Kaplan, “Laut China Selatan berfungsi sebagai tenggorokan dari Pasifik Barat dan Hindia yang menjadikan jaringan ekonomi global menyatu”

“Lebih dari setengah dari total tonase kapal dagang dunia di dunia melewati titik akhir ini, dan sepertiga dari semua lalu lintas maritim di seluruh dunia,” tulis Kaplan dalam “Asia’s Cauldron: The South China Sea and the End of a Stable Pacific.”

Wilayah ini juga rumah dari perdagangan global tahunan senilai US$ 5 triliun setiap tahunnya. Pada tahun 2030, seluruh wilayah ini diprediksi tak lebih dari sebuah “danau China.”

Tujuh grafis ini akan menjelaskan mengapa Laut China Selatan sangat berharga.

laut china selatan 1

Berikut adalah gambaran wilayah dan daerah yang disengketakan. Masalah utama di jantung sengketa Laut China Selatan adalah tumpang tindih beberapa “Zona Ekonomi Eksklusif” beberapa negara.

laut china selatan 2

Brunei, China, Taiwan, Malaysia, Vietnam, dan Filipina mengklaim sebagian tanah di Kepulauan Spratly, salah satu rantai pulau sengketa di Laut China Selatan.

laut china selatan 3

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dengan diri memproklamirkan “nine dasbor line” yang ditunjukkan dengan warna merah.

laut china selatan 4

Uang mega besar melewati perairan ini. Laut China Selatan adalah rumah uang senilai US$ 5 triliun dari perdagangan global tahunan. Laut ini juga berfungsi sebagai jalur perdagangan utama untuk barang yang belum antara ASEAN (Asia Tenggara), Jepang, dan China.

laut china selatan 5

Laut China Selatan memiliki cadangan terbukti minyak hingga tujuh miliar barel dan diperkirakan sekitar 900 triliun kaki kubik gas alam . Jika perhitungan China benar, maka perairan ini bisa berisi lebih banyak minyak daripada wilayah dunia kecuali Arab Saudi. Beberapa pihak menyebut Laut China Selatan adalah Teluk Persia kedua.

laut china selatan 6

Grafis di atas menunjukkan aset dan personel AS yang dikerahkan di Hawaii, Alaska, dan Guam, yang ditujukan untuk keselamatan dan keamanan kawasan.

laut china selatan 7

Beberapa negara juga telah dibangun kemampuan landasan pesawat di kawasan itu, namun China memiliki paling dan landasan terpanjang.

 

Sumber: Business Insider

Facebook Comments