For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

AS Buka Peluang Jual Fregat ke Taiwan, China Meradang  

Frigat Kelas Oliver Hazard Perry
Kapal Fregat Kelas Perry AS
Kapal Fregat Kelas Perry AS

BEIJING: Hong Lei, juru bicara China Departemen Luar Negeri, telah memprotes Amerika setelah  Senat meloloskan UU transfer Kapal Angkatan Laut pada 4 Desember yang memungkinkan pemerintahan Obama untuk menjual empat Oliver Hazard fregat kelas Perry ke Taiwan.

Hong mengklaim langkah AS melanggar kesepakatan China-Amerika 17 Agustus 1982 tentang penjualan senjata ke Taiwan. Hong mengatakan penjualan kapal ke Taiwan akan melanggar ketentuan dari Komunike AS-China yang menyatakan bahwa AS setuju untuk tidak ikut campur dalam urusan internal China. Beijing menyerukan tagihan akan dibuang dan eksekutif untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah tagihan dari melewati.

Wakil menteri Cina urusan luar negeri, Liu Zhenmin, bertemu dengan AS bertindak wakil sekretaris negara Wendy Sherman di Washington pada 8 Desember untuk membahas hubungan AS-China serta isu-isu regional dan global dalam pertemuan 30 menit. Liu juga bertemu dengan asisten sekretaris untuk Biro Asia Timur dan Pasifik Daniel Russel.

Menanggapi keluhan Cina, Kelly Hsieh, direktur jenderal Departemen Amerika Utara Urusan Luar Negeri, mengatakan ia percaya bahwa AS akan menghormati ketentuan itu.

Hsieh mengatakan bahwa meskipun RUU telah disahkan di Senat, versi dari RUU ini adalah berbeda dari yang disahkan oleh DPR karena klausul mengacu pada penjualan empat frigat ke Taiwan ditambahkan; Senat dan DPR akan terlibat dalam negosiasi pada sampai keduanya ada titik temu, pada waktu itu akan secara resmi disetujui oleh Kongres dan hanya maka akan masuk ke dalam undang-undang. AS Kabinet mengatakan mereka mengharapkan RUU yang akan disahkan pada akhir tahun ini.(REY)

Sumber: Want China Times

 

 

Facebook Comments