For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Seeker 400, Pelacak Tangguh dari Afrika Selatan

3-seeker-400
Seeker 400 adalah sistem kendaraan udara surveilans tak berawak yang dirancang dan diproduksi oleh Denel Dynamics, Afrika Selatan. Setiap sistem akan terdiri dari 4-6 kendaraan tak berawak udara (UAV), unit kontrol misi (MCU), pelacakan dan unit komunikasi (TCU), muatan pesawat, kamera thermal imaging, kamera video resolusi tinggi dan taktis opsional stasiun kontrol tanah (TGCS ).
Seeker 400 berasal dari pendahulunya, pesawat Seeker II. Pesawat ini sangat cocok untuk mencari target, mendukung tembakan artileri dan melaksanakan intelijen elektronik (ELINT) dan mengukur dukungan elektronik (ESM) misi.

Terbang pada ketinggian hingga 18,000ft, Seeker 400 akan membuat data intelijen real time dengan menjalankan operasi pengintaian di wilayah yang luas. Pesawat akan menangkap citra real time dari medan perang dan mengirimkan ke TGCS melalui data link komunikasi satelit.
1-seeker-400

Seeker 400 dirancang 30% lebih besar dari Seeker II dan membawa 100kg muatan. Dapat mengeksekusi intelijen, pengawasan, pengintaian dan target akuisisi (Istar) operasi baik siang dan malam bahkan dalam kondisi terburuk iklim. Kendaraan juga dapat melakukan patroli perbatasan, maritim patroli dan penetapan target misi.

Pesawat ini dirancang untuk membawa dua rudal dipandu laser IMPI dan dua tangki bahan bakar eksternal di sayap bawah. IMPI adalah rudal yang dibangun oleh Denel Dynamics untuk platform ringan dengan daya jangkau 10km.  Kendaraan saat ini sedang dalam tahap akhir pembangunan dan putaran pertama tes penerbangan mulai bulan Februari 2014. UAV dengan muatan penuh berhasil memenuhi berbagai persyaratan dan kinerja selama putaran kedua tes penerbangan dilakukan pada Juli 2014.
Ind-News-Seeker-2

Seeker 400 akan menampilkan semua modular komposit low drag badan pesawat yang terbuat dari serat karbon untuk memastikan kinerja maksimal. Dual band data link akan memfasilitasi kendaraan untuk mengakomodasi beberapa muatan secara bersamaan. Pesawat akan dilengkapi dengan kamera hari cahaya warna, infra-merah imager termal, kamera pengintai hitam dan putih, kamera pengintai malam, Modus S transponder dan frekuensi sangat tinggi (VHF) AM kontrol lalu lintas udara (ATC) radio untuk ATC interfacing.

Sebuah kamera elektro-optik akan dimasukkan di bawah bagian depan pesawat untuk menangkap citra dari medan perang. Sebuah antena directional akan dipasang di atas bagian depan pesawat untuk mengurangi kemacetan dan memfasilitasi komunikasi hingga 250 km mulai dari stasiun pengendali. Rentang operasional dapat ditingkatkan dari 250 km ke 750km.
UAV ini dapat dilengkapi dengan dua muatan yaitu Zeiss LEO III (elektro-optik (EO), infra-merah (IR)), intelijen elektronik (ELINT) sensor, aperture sintetis radar (SAR) atau payload pengawasan elektronik (ESP ) menemukan emitter radar. Seeker 400 akan digabungkan dengan radar maritim, sintetis aperture radar (SAR), Laser ranger finder, Laser illuminator dan kecerdasan komunikasi (COMINT).
Seeker 400 didukung oleh mesin pesawat empat langkah tunggal, yang menghasilkan 63.4kW daya output. Dapat terbang pada kecepatan maksimum 222km / h. Jangkauan dan layanan langit-langit pesawat 250km dan 5,486m. UAV ini memiliki daya tahan 16 jam.

 

 

Facebook Comments

Comments are closed.