For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Bomber Tu-160 Rusia Berkeliaran di Suriah

Sebuah video berdurasi tiga menit  dirilis Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan bomber strategis jarak jauh Tu-160 dalam sejumlah misi latihan serta saat terlibat dalam pertempuran di Suriah.

Secara khusus, video menunjukkan pesawat meluncurkan rudal jelajah, menghancurkan target darat, mengisi bahan bakar di udara dan dikawal oleh jet tempur.

Tu-160, salah satu pembom strategis terbesar di dunia yang juga dikenal sebagai “White Swan” dan oleh NATO dijuluki Blacjack. Pembom ini memegang banyak rekor dunia, antara lain sebagai jet militer terbesar yang mampu mencapai kecepatan lebih dari 2 Mach.

Uni Soviet merancang Blackjack terutama sebagai sarana untuk melakukan serangan nuklir selama Perang Dunia III.  Pesawat memiliki berat lepas landas maksimum lebih 606.000lbs.

Persenjataan utama Tu-160 adalah rudal jelajah jarak jauh seperti Kh-55MS  yang dapat membawa selusin senjata ini. Dalam beberapa bulan terakhir, Rusia telah menggunakan versi konvensional Kh-555 terhadap sasaran di Suriah bersama rudal jarak jauh yang lebih canggih Kh-101. Pesawat ini juga bisa membawa rudal nuklir Kh-102.

Loading...
Loading...
Facebook Comments