Globemaster III Tak Mungkin Lahir Kembali, Boeing Jual Fasilitas Produksi C-17

C-17 Globemaster III

Boeing sedang mencari cara untuk menjual fasilitas mereka di Long Beach, California di mana perusahaan ini membangun pesawat kargo C-17A Globemaster III yang cukup sukses.

Langkah ini akan membawa akhir yang lebih pasti untuk produksi serial pesawat militer perusahaan di California Selatan tersebut dan membuatnya semakin kecil kemungkinan untuk memulai kembali produksi pesawat sebagai tanggapan terhadap tuntutan Angkatan Udara Amerika yang muncul.

Pada saat yang sama, ruang itu bisa sangat menarik bagi perusahaan peluncuran ruang angkasa, seperti Virgin Orbit atau SpaceX, yang mungkin ingin memperluas operasi mereka.

Pembuat pesawat yang bermarkas di Chicago ini menempatkan properti di pasar dengan bantuan broker real estate NKF Capital Markets pada 5 November 2018.  Wilayah seluas hampir empat juta kaki persegi teresbut berdekatan dengan Long Beach Airport termasuk 1,1 juta kaki persegi gedung perakitan utama di mana para pekerja membangun 280 C-17 untuk Angkatan Udara Amerika dan lebih dari setengah lusin untuk pelanggan asing. Sejauh ini, tidak ada harga yang dimunculkan untuk properti tersebut.

McDonnell Douglas telah mengembangkan dan pertama kali memulai produksi C-17 di situs pada tahun 1991. Boeing membeli perusahaan itu pada tahun 1997, mengambil alih program Globemaster III dan fasilitas produksi dalam prosesnya.

Pabrik Long Beach memiliki sejarah sejak Perang Dunia II, ketika Douglas menerima kontrak untuk membangun-model pembom B-17 untuk mendukung upaya perang.  Produksi pesawat di tempat itu berlanjut setelah perang dan hangar serta lini produksi mencuatkan pesawat McDonnell Douglas MD-80 pada 1980-an.

Boeing menyediakan pemeliharaan terkait C-17 dan layanan lainnya di Southern California hingga fasilitas produksi di Long Beach telah menganggur sejak Globemaster III terakhir meninggalkan pabrik pada 2015.

Dengan Angkatan Udara Amerika ingin memperluas kemampuan angkutannya, sempat dibicarakan apakah lini produksi mungkin dimulai lagi.

Pada awal 2008, Boeing memutuskan bahwa menjaga pabrik Southern California tetap buka untuk tujuan apa pun setelah membangun Globemaster III terakhir tidak akan efektif lagi.

Facebook Comments