Hanya Berjarak 3,6 Km, Dua Pulau Ini Memiliki Selisih Waktu 23 Jam

Kepulauan Diomede hanya terdiri dari sepasang pulau yang dikenal dengan nama Big Diomede (Diomede Besar) dan Little Diomede (Diomede Kecil). Keduanya terletak di tengah-tengah Selat Bering, antara Alaska dan Siberia di wilayah kutub utara.

Jarak antara kedua pulau hanya sekitar 3,8 km saja tetapi pemiliknya berbeda. Diomede Besar milik Rusia dan Diomede Kecil milik Amerika Serikat.

Uniknya meski hanya berjarak 3,8 km,  kedua pulau ini memiliki selisih waktu selama 23 jam akibat adanya garis penanggalan internasional di antara keduanya.

Akibatnya, kedua pulau juga dijuluki sebagai Tomorrow Island (Pulau Esok) untuk Diomede Besar, dan Yesterday Island (Pulau Kemarin) untuk Diomede Kecil.

Ketika warga Diomede Kecil melihat ke arah Diomede Besar, mereka tak hanya melihat negara lain, namun juga melihat hari esok. Misalnya, jika sekarang di Diomede Kecil adalah hari Senin jam 09.00 pagi maka Diomede Besar sudah masuk hari Selasa pukul 08.00 pagi.

Bahkan jika musim dingin bongkahan es beku akan membentuk jembatan es yang menghubungkan kedua negara tersebut. Tetapi menyeberangi Selat Bering, secara hukum, tidak diizinkan.

Untuk menikmati fenomena ini, di Diomede Kecil disediakan sebuah teropong yang mengarah ke Diomede Besar. Dengan teropong ini, orang dapat melihat lebih jelas wilayah pulau Diomede Besar, yang artinya sama saja dengan melihat hari esok.

Facebook Comments

error: Content is protected !!