For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Amerika Kembali Dituduh Evakuasi Militan ISIS di Suriah

Serangan di Deir ez-Zor/Sputnik

Amerika untuk kesekian kalinya dituduh mengevakuasi pejuang ISIS di tengah serangan pasukan Suriah di wilayah Deir ez-Zor.

Situs berita Suriah Arabi Today mengutip sejumlah sumber melaporkan sejumlah militan ISIS yang terluka telah dievakuasi oleh helikopter Amerika dari provinsi Deir ez-Zor timur Suriah.

Pada Sabtu malam, para militan dilaporkan dipindahkan dari kota al-Shaafah yang terletak di dekat perbatasan Irak ke lokasi yang tidak diketahui.

Ini bukan pertama kalinya bahwa pesawat militer Amerika dilaporkan menyelamatkan militan dari wilayah yang diserang.

Pada akhir September, kantor berita Suriah SANA juga melaporkan bahwa koalisi pimpinan Amerika melakukan operasi udara di pinggiran al-Marashida untuk mengangkut pemimpin teroris ke tujuan yang tidak diketahui.

Peta Deir ez-Zor

Pada bulan April, SANA juga mengatakan bahwa helikopter militer Amerika dilaporkan mengevakuasi setidaknya tiga komandan ISIS asal Irak bersama dengan anggota keluarga mereka dari Tal al-Shayer wilayah 20 kilometer tenggara kota Suriah al-Shadadi di provinsi Hasakah.

Sementara pada bulan Desember 2017, SANA mengungkapkan bahwa sejumlah militan ISIS telah dievakuasi dari beberapa lokasi di provinsi Deir ez-Zor ke wilayah al-Hasakah, di bawah kendali pasukan Amerika.

Pentagon secara konsisten membantah tuduhan tersebut dan mengatakan bahwa pernyataan tersebut sama sekali tidak mendasar. Mereka mengatakan keberadaan militer Amerika di Suriah adalah untuk menumpas ISIS.

Amerika Serikat dan sejumlah sekutunya meluncurkan kampanye mereka melawan ISIS di Suriah pada tahun 2014.

Facebook Comments