For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Speedboat Garda Revolusi Iran Kepung Kapal Induk Amerika

Televisi Iran menayangkan rekaman yang menunjukkan pertemuan jarak dekat antara speedboat Garda Revolusioner dan kapal induk Angkatan Laut Amerika, USS Theodore Roosevelt di Selat Hormuz.

Rekaman itu dilaporkan diambil pada 21 Maret di Selat Hormuz, jalur pelayaran utama yang menghubungkan negara-negara kaya minyak Teluk Persia dengan laut terbuka. Sepertiga minyak dunia melintasi jalur ini.

Dalam video tersebut terlihat sejumlah speedboat Garda Revolusi mendekati kapal induk Amerika. Sebuah helikopter milik Angkatan Laut Amerika terlihat terbang berputar-putar di sekitar lokasi pengepungan.

Rekaman itu disiarkan pada saat hubungan yang sangat tegang antara Washington dan Teheran, dengan ekonomi Iran mengalami penurunan di bawah sanksi Amerika terkait dengan aktivitas nuklirnya.

Pada  Mei 2018, Donald Trump menarik Amerika keluar dari perjanjian nuklir Iran antara Teheran dan kekuatan dunia, mengklaim bahwa perjanjian itu sebagai “negosiasi buruk” yang memungkinkan Iran mencapai kekuatan nuklir.

Trum kemudian memberikan sanksi ekonomi di Teheran dan perusahaan melakukan bisnis dengan negara tersebut yang mendorong penarikan investor dari pasar Iran.

Sanksi minyak Washington terhadap Iran, yang ditetapkan akan dilanjutkan pada 4 November, telah menyebabkan penurunan tajam  ekspor minyak Iran.  Forbes melaporkan penjualan minyak mentah negara itu turun 62 persen sejak Mei.

Armada ke-5 Amerika, yang saat ini dikerahkan di Teluk Persia, telah melaporkan beberapa konfrontasi dengan pasukan Iran dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam salah satu pertemuan terakhir, pesawat tak berawak Iran yang tak bersenjata membayangi kapal induk Amerika pada malam 24 Agustus 2017.

Dua minggu sebelumnya, pesawat tak berawak yang sama terbang di dekat jet tempur Amerika ketika pesawat itu siap mendarat di kapal induk  memaksa pilot untuk mengubah arah.

Pada 25 Juli tahun lalu, kapal patroli USS Thunderbolt mengeluarkan tembakan peringatan ke kapal patroli Iran di perairan internasional, karena dilaporkan mendekati kapal Amerika dan menolak untuk mengubah arah.

Facebook Comments