For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Kim Jong un Kirim Gomi dan Songgang ke Istana Presiden Korea Selatan

Gomi (kiri) dan Songgang (kanan)

Hubungan Korea Utara dan Selatan semakin baik ditandai dengan pemberian hadiah dua ekor anjing oleh pemimpin Korea Utara Kim Jong un kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Dua anjing pemburu jenis Pungsan tersebut dikirimkan pada 27 September 2018. Anjing-anjing itu diberi nama Gomi dan Songgang.

Pungsan merupakan anjing langka dan disebut sebagai ‘Pusaka Alam’ Korea Utara. Hadiah diberikan kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, sebagai tanda pertemanan yang tumbuh antara kedua negara.

Songgang dan Gomi itu dipindahkan melalui desa gencatan senjata di Panmunjom di zona demiliterisasi (DMZ) antara Korea pada 27 September, bersama dengan tiga kilogram makanan untuk membantu mereka beradaptasi dengan rumah baru mereka.

Menurut Blue House, Kim dan istrinya, Ri Sol Ju,  mengatakan keinginannya untuk memberi hadiah itu kepada Moon saat makan malam di Pyongyang selama perjalanan bersejarah pemimpin Korea Selatan ke Korea Utara bulan lalu. Ri menjanjikan anjing yang diberikan akan memiliki “sertifikat silsilah.”

Anjing secara historis telah menjadi simbol hubungan yang mencair antara Korea. Pada tahun 2000, Kim Jong Il juga memberi dua anak anjing Pungsan – bernama Uri dan Duri – kepada Kim Dae-jung. Pemimpin Korea Selatan membalas kebaikan dengan mengirimkan dua anjing Jindo bernama Peace dan Reunifikasi.

Kantor Berita Yonhap melaporkan dua anjing ini akan dibesarkan di Blue House, sebelum kemudian ditransfer ke Kebun Binatang Seoul sehingga setiap pengunjung dapat melihat dan mengingatnya. Di sana, mereka menjalani kehidupan mewah, dengan kandang terpisah, makanan anjing premium dan jalan-jalan harian yang panjang.

First dog Korea Selatan Tory saat didopsi

Di istana kepresidenan dua anjing ini akan bergabung dengan hewan peliharaan milik keluarga pertama Korea Selatan, termasuk anjing penyelamat dan kucing – Tory dan Jjing-Jjing – yang diadopsi oleh Moon saat mengambil alih kantor.

“Tory, menurut standar konvensional, adalah anjing jelek yang ditutupi rambut hitam. Aku akan mengadopsinya sebagai ‘first dog’ dengan keyakinan bahwa baik manusia dan hewan memiliki hak untuk bebas dari prasangka dan diskriminasi,” kata Moon saat menjelaskan pilihan kenapa mengadopsi anjing tersebut.

Facebook Comments