Kebakaran Hutan Irlandia Ungkap Peninggalan Perang Dunia II

Kebakaran hutan di Irlandia telah mengungkap peninggalan penting era Perang Dunia II yakni sebuah tanda raksasa yang diukir di Bumi, yang dimaksudkan sebagai peringatan bagi pilot Sekutu ataupun Jerman.

Tanda itu terlupakan pada tahun-tahun setelah perang dan disembunyikan oleh semak dan semak belukar sebelum kemudian api menghanguskan wilayah tersebut dan memunculkan tanda itu lagi.

Tanda itu merupakan salah satu dari lebih dari 80 tanda bertulisan ‘EIRE’ yang dibuat oleh pemerintah Irlandia selama Perang Dunia II.

Irlandia secara resmi merupakan pihak yang netral selama perang, dan pemerintah membuat serangkaian situs di sepanjang pantai untuk memantau lalu lintas udara dan laut.

Ketika perang datang ke Kepulauan Inggris, Irlandia membuat tanda-tanda dengan tulisan EIRE besar di situs-situs yang mudah dilihat untuk membiarkan pilot di kedua sisi tahu apakah mereka tersesat ke wilayah netral.

Sejak Perang Dunia II, banyak dari tanda-tanda ini telah dihancurkan atau hilang. Dari 82 yang diciptakan selama perang, hanya sekitar selusin yang selamat, dan sebagian besar berada dalam kondisi buruk.

Facebook Comments

Translate »