For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

Terbang Sangat Rendah, Helikopter Tiba-Tiba Muncul dari Balik Kabut

Sebuah video dari sebuah helikopter yang terbang sangat rendah di atas jalan berselimut kabut di Kirkstone Pass di English Lake District of County Cumbria telah ditampilkan di hampir setiap media berita Eropa.

Rekaman ini tampaknya diambil dari mobil dasbor mobil keluarga karena kamera statis dan sangat dekat dengan kaca depan kendaraan.  Bisa juga video diambil dari ponsel cerdas.

Video  yang direkam Brian Weatherall, melihat pesawat itu keluar dari kabut di sebelah kirinya dekat dinding batu dan tampak mulai bersiap untuk pendaratan di sebelah jalan. Ini cukup dramatis, dan mungkin lebih dramatis dari sudut pandang pilot helikopter.

Kemungkinan helikopter dalam video itu adalah Eurocopter AS365N3 Dauphin II, yang dijuluki “Blue Thunder” milik Joint Specialces Aviation Wing (JSFAW). Secara khusus, unit yang menerbangkan pesawat kemungkinan Skuadron 658 yang berbasis di markas SAS di Credenhill, dekat Hereford.

Unit penerbangan elite sebelumnya dikenal sebagai 8 Flight AAC  dan  mendukung 22nd Special Air Service (22 SAS).

Helikopter dalam video kemungkinan AS365N3 Dauphin II operasi khusus seperti ini/ The Avationist

Sebagaimana ditulis The Aviationist Minggu 5 Agustus 2018, Skuadron 658 kira-kira sebanding dalam misi dengan 160th Special Operations Aviation Regiment (160th SOAR) Angkatan Darat Amerika.  Unit ini mendukung operasi khusus Amerika untuk Navy SEAL, Rangers US Army, dan Pasukan Khusus Angkatan Darat lain. Mereka pula yang menerbangkan helikopter “siluman hawk” rahasia yang digunakan dalam Neptune Spear tahun  2011 untuk menangkap Osama Bin Laden.

Jika helikopter adalah AS365N3 dari 658 Skuadron, pertanyaan yang lebih menarik adalah, apa yang dilakukannya terbang sangat rendah begitu dekat dengan jalan umum?

Secara umum, helikopter operasi khusus mempertahankan profil rendah dan menghindari latihan di mana mereka dapat berakhir menjadi viral media sosial. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang untuk beroperasi dekat dengan jalan sipil dapat mencakup hal-hal seperti penerbangan penyelamatan untuk personel yang cedera selama pelatihan atau partisipasi dalam misi darurat sipil.

Ada juga kemungkinan pesawat melakukan penyisipan atau ekstraksi kekuatan pada latihan di area tersebut. Atau bisa juga berlatih untuk menghentikan kendaraan di jalanan, misi yang banyak dilakukan oleh pasukan khusus.

Apapun kasusnya, menerbangkan helikopter dalam kondisi yang sangat sulit dan sangat rendah adalah hal yang sangat tidak mudah serta jarang ditemui. Apalagi itu adalah helikopter pasukan khusus. Hal inilah yang membuat video tersebut sangat istimewa, dan merupakan rekaman yang sangat luar biasa bagi Brian Weatherall. Mari kita lihat rekamannya:

Facebook Comments