For full functionality of this site it is necessary to enable JavaScript. Here are the instructions how to enable JavaScript in your web browser.

L-39 Albatros, Karya Besar Cekoslovakia Yang Tergilas Politik

Aviation Classics Magazine Inggris pada edisi Juli 2018 lalu mendedikasikan gelar legendaris kepada pesawat latih performa tinggi Aero L-39 Albatros. Sebuah pesawat tempur ringan, yang dikembangkan oleh Aero Vodochody pada tahun 1960-an di Cekoslovakia.

Pesawat ini memang seperti legenda yang terlupakan serta menjadi korban suasana politik dunia ketika dia lahir.

Meskipun setelah Revolusi Beludru 1989  Cekoslovakia beberapa kali gagal membangun pesawat, tetapi Aero L-29 Delfin dan L-39 Albatros menjadi catatan penting bagi industri kedirgantaraan negara tersebut.

Robert Theiner, seorang insinyur dan kepala Institut Teknik Kedirgantaraan Fakultas Teknik Mesin di Universitas Teknik Ceko di Praha, menjelaskan mengapa industri kedirgantaraan negara itu sejak itu gagal memodifikasi pesawat-pesawat ajaib atau mengembangkan sesuatu yang sama-sama inovatif.

“Tidak mungkin memisahkan industri pertahanan dari politik,” kata Theiner. “Pesawat menghadapi persaingan yang kuat dari perusahaan asing. Untuk beberapa waktu, tampaknya akan mungkin untuk menjual [Aero] L-39, L-59 [Super Albatros], L-159 [Alca] yang menciptakan suasana kegembiraan

“Namun, semua segera sadar ternyata itu tidak semudah kelihatannya. Peralatan militer biasanya dibeli oleh pemerintah dan semua tergantung pada hubungan politik internasional.”

Untuk mengilustrasikan hal tersebut, Theiner mengenang bagaimana Republik Ceko mencoba menjual L-39 ke Australia. Karakteristik teknis dan harga pesawat sepenuhnya memenuhi tuntutan pelanggan. Namun, pesaing utama L-39, British Aerospace Hawk 200 muncul sebagai pemenang setelah pemerintah Inggris memberikan tekanan pada Canberra.

“Adapun L-39, pemerintah [Ceko] tidak bisa memberikan posisi yang cukup cocok untuk produk ini,” katanya.

“Meskipun pesawat itu dirancang pada tahun 60-an, ia masih dapat menjalankan fungsinya. Ia telah menemukan tempatnya di ruang sipil. Sekarang sekitar 200 pesawat dikuasai oleh warga Amerika, terbang dengan nomor sipil. Pesawat-pesawat ini cukup mudah dioperasikan. Mereka bisa lepas landas dari rumput yang tidak difortifikasi. ”

L-39 dikembangkan oleh Aero Vodochody, perusahaan pesawat Ceko terkenal yang didirikan pada 1919 yang mengkhususkan diri dalam produksi jet tempur ringan militer. Pada masa Republik Sosialis Cekoslowakia, perusahaan telah berevolusi menjadi konglomerat pabrik pesawat yang berfokus pada hidrolik, avionik, motor, selain produk akhir.

 

Theiner menekankan bahwa selain pesawat L-29 dan L-39, Cekoslovakia, sebuah negara yang relatif kecil, dapat menghasilkan berbagai pesawat sport, seperti Zlin Moravan Otrokovice. “Jumlah pesawat per kapita di Cekoslowakia luar biasa,” kata insinyur itu.

Akademisi tersebut mengatakan L-29 bahkan melampaui pesawat latih Polandia PZL TS-11 Iskra dan Yak-30 Uni Soviet.

Diakuisisi oleh kelompok ekuitas swasta Ceko dan Slovakia Penta pada tahun 2007, Aero Vodochody sekarang berfokus terutama pada pengembangan, produksi, penjualan dan dukungan aerostructures untuk penerbangan sipil dan militer, serta pesawat akhir.

“Generasi baru L-39 telah membawa berbagai inovasi,” kata insinyur itu. “Di antara mereka adalah mesin Williams baru dengan traksi besar, avionik canggih, dan yang paling penting ¬†adalah ‘ wet wing ‘. Intinya adalah bahwa struktur sayap pesawat digunakan sebagai reservoir untuk bahan bakar.”

Facebook Comments