Penanggungjawab Pembangunan Kapal Induk China Ditangkap

Kapal induk Type 001A China

Sun Bo, orang yang bertanggung jawab membangun kapal induk baru China, ditahan karena tuduhan korupsi. Menurut pernyataan singkat yang dibuat oleh Komisi Pengawas Nasional China pada  Sabtu 16 Juni 2018, langkah  ini mencerminkan janji Presiden Xi Jinping untuk menindak korupsi.

Pernyataan itu tidak memberikan rincian dan hanya mengatakan bahwa Sun  “dicurigai melakukan pelanggaran serius terhadap hukum dan peraturan dan saat ini sedang menjalani peninjauan disiplin dan pemantauan investigasi oleh Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin.”

Ini bukan pertama kalinya pemimpin China Shipbuilding Industry Corporation (CSIC)  diselidiki oleh pengawas anti-korupsi. Seatrade Maritime News, pada 2016, Liu Changhong, kepala CSIC dikeluarkan dari partai dan dituduh korupsi pada Oktober 2017.

Sejak kemenangannya pada tahun 2012, Jinping telah mengejar lebih dari 1,5 juta orang yang diduga sebagai pejabat korup Partai Komunis. Meskipun langkah-langkah antikorupsi dengan cepat meningkatkan kepercayaan publik terhadap partai pada awalnya, para kritikus melihatnya sebagai ancaman terhadap hak asasi manusia.

Pemerintah mengungkapkan rencana antikorupsinya secara terbuka pada Februari 2018. Namun, selain penciptaan pengawas anti-korupsi yang disebut Komisi Pengawasan Nasional, itu juga termasuk penghapusan batas masa jabatan presiden, yang memungkinkan Jinping untuk tetap di kantor tanpa batas.

Komisi memiliki kekuatan untuk menyelidiki siapa pun yang menjalankan otoritas publik, termasuk pejabat, manajer di perusahaan milik negara dan manajer sekolah negeri. Lembaga ini  juga memiliki otoritas penuh untuk menahan dan menginterogasi para tahanan tanpa proses hukum.

“Undang-undang Pengawasan  menempatkan puluhan juta orang di bawah kekuasaan sistem rahasia dan benar-benar tidak akuntabel di atas hukum,” kata Direktur Amnesty International Regional Asia Timur, Nicholas Bequelin.

Selain perjuangan publik melawan korupsi, Presiden Xi Jinping juga melakukan upaya agresif untuk memodernisasi militer, yang dilambangkan dengan pembangunan kapal.

CSIC adalah salah satu dari dua perusahaan terkemuka yang memfasilitasi modernisasi maritim dan merupakan yang terdepan dalam pembangunan angkatan laut.  Menurut  South China Morning Post, perusahaan ini mengembangkan kapal selam nuklir dan konvensional, kapal induk dan kapal selam China dalam laut yang dapat dilalui, yang dapat menyelam rekor 7.062 meter.

Facebook Comments